[Ulasan Aplikasi] PETANI MILLENIAL HARUS PAKAI 2 APLIKASI INI

Assalamu'alaikum realme fans, kali ini gue akan membagikan aplikasi yang sangat berguna untuk petani dijaman sekarang ini. Soalnya petani harus dapat informasi yang muda tentang tanam menanamnya.

Yaak langsung aja..


1. PlantNet Plant Identification

Pl@ntNet adalah aplikasi yang memungkinkan Anda mengidentifikasi tanaman hanya dengan memotretnya dengan smartphone Anda. Sangat berguna saat Anda tidak memiliki ahli botani! Pl @ ntNet juga merupakan proyek sains warga negara yang hebat: semua tanaman yang Anda foto dikumpulkan dan dianalisis oleh para ilmuwan di seluruh dunia untuk lebih memahami evolusi keanekaragaman hayati tanaman dan melestarikannya dengan lebih baik.

Pl@ntNet memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dan memahami dengan lebih baik semua jenis tanaman yang hidup di alam: tanaman berbunga, pohon, rumput, tumbuhan runjung, pakis, tanaman merambat, salad liar atau kaktus. Pl @ ntNet juga dapat mengidentifikasi sejumlah besar tanaman yang dibudidayakan (di taman dan kebun) tetapi ini bukan tujuan utamanya. Kami terutama membutuhkan pengguna Pl @ ntNet untuk menginventarisasi tanaman liar, yang tentu saja dapat Anda amati di alam tetapi juga yang tumbuh di trotoar kota kami atau di tengah kebun sayur Anda!

Semakin banyak informasi visual yang Anda berikan kepada Pl @ ntNet tentang instalasi yang Anda amati, semakin akurat identifikasi itu. Memang ada banyak tanaman yang mirip dari jauh dan terkadang detail kecil yang membedakan dua spesies dari genus yang sama. Bunga, buah-buahan dan daun adalah organ yang paling khas dari suatu spesies dan itu yang harus difoto terlebih dahulu. Tetapi detail lain apa pun bisa berguna, seperti duri, kuncup atau rambut pada batang. Foto seluruh tanaman (atau pohon jika itu salah!) Juga merupakan informasi yang sangat berguna, tetapi seringkali tidak cukup untuk memungkinkan identifikasi yang andal.

Saat ini Pl @ ntNet memungkinkan untuk mengenali sekitar 20.000 spesies. Kami masih jauh dari 360.000 spesies yang hidup di bumi, tetapi Pl @ ntNet semakin kaya setiap hari berkat kontribusi dari pengguna yang paling berpengalaman di antara Anda. Jangan takut untuk berkontribusi sendiri! Pengamatan Anda akan ditinjau oleh komunitas dan suatu hari nanti bergabung dengan galeri foto yang menggambarkan spesies dalam aplikasi.

Versi baru dari Pl @ ntNet yang dirilis pada Januari 2019 mencakup banyak peningkatan dan fitur baru:
- Kemampuan untuk menyaring spesies yang dikenali berdasarkan genus atau famili.
- Revisi data yang dibedakan yang memberikan bobot lebih kepada pengguna yang telah menunjukkan keterampilan terbanyak (khususnya jumlah spesies yang diamati, divalidasi oleh masyarakat).
- Identifikasi ulang pengamatan bersama, baik milik Anda atau orang-orang dari pengguna aplikasi lain.
- Identifikasi multi-flora yang memungkinkan Anda untuk mencari tanaman yang difoto di semua flora aplikasi dan tidak hanya di yang Anda pilih. Sangat berguna ketika Anda tidak yakin flora apa yang harus dicari.
- Pemilihan flora favorit Anda untuk mengaksesnya lebih cepat.
- Navigasi pada tingkat taksonomi yang berbeda di galeri gambar.
- Pemetaan pengamatan Anda.

- Tautan ke banyak lembar fakta.


Download https://play.google.com/store/apps/details?id=org.plantnet


2. SIPINDO

Sipindo (Sistem Informasi Pertanian Indonesia) merupakan sebuah aplikasi pertanian berbasis android yang memberikan kemudahan akses informasi pertanian kepada petani di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, Sipindo juga memiliki misi untuk mensejahterakan dan meningkatkan taraf hidup para petani di Indonesia dengan cara menyediakan informasi mengenai teknik budidaya tanaman, hama penyakit tanaman, serta menyediakan akses pasar untuk kebutuhan jual beli hasil panen mereka.

Sipindo merupakan aplikasi hasil kerjasama antara PT. East West Seed Indonesia (EWINDO) dengan AIP PRISMA. EWINDO adalah perusahaan benih sayuran terpadu pertama di Indonesia yang menghasilkan benih unggul sayuran melalui kegiatan pemuliaan tanaman. AIP PRISMA yaitu program dukungan Pemerintah Indonesia dan Australia untuk kemajuan pertanian Indonesia.

Dengan komitmen untuk terus berinovasi menghadirkan layanan-layanan terbaik untuk Petani Indonesia. EWINDO bekerjasama dalam Program SMARTseeds untuk menghadirkan layanan Premium yang dapat dengan mudah diakses oleh  Petani melalui Aplikasi Sipindo Powered by SMARTseeds. SMARTseeds adalah project Geodata for Agriculture and Water (G4AW) yang didanai oleh Netherlands Space Office (NSO) dan merupakan satu dari 17 projek di seluruh dunia. Program ini menggunakan prinsip PPP (Public Private Partnership) dimana terdiri dari 6 Lembaga yaitu ICCO Cooperation, EWINDO, Nelen and Schuurman, Twentee Universty (ITC), Akvo dan Institut Pertanian Bogor. Tujuan dari program ini adalah menghadirkan layanan informasi untuk 100.000 petani sayuran di Indonesia.

Manfaat yang bisa didapatkan setelah install Sipindo Powered by SMARTseeds :

1. Peta Penanaman: Anda dapat mengetahui informasi pemetaan wilayah penanaman sayuran di Indonesia. Informasi ini digunakan untuk perencanaan penanaman sehingga dapat terhindar dari over supply saat panen yang bisa menyebabkan turunnya harga panen.

2. Informasi Harga Sayuran : Anda dapat mengetahui informasi harga sayuran terkini sehingga lebih mudah dalam bernegosiasi dengan pedagang.

3. Cara Bertanam Sayuran: Anda juga dapat mengetahui teknik bertanam sayuran yang benar serta dapat berkonsultasi langsung tentang budidaya tanaman dan pengendalian hama penyakit tanaman.

4. Sipindo juga dilengkapi fitur rekomendasi pemupukan untuk beberapa daerah di Indonesia (saat ini baru tersedia untuk area Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Lampung) dan kami akan terus perluas hingga dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia.

5. Anda dapat mengetahui prediksi curah hujan (CH) bulanan untuk 6 bulan ke depan serta prediksi awal musim kemarau (AMK) dan awal musim hujan (AMH).

6. Anda juga dapat melihat informasi prakiraan cuaca harian yang lebih detail.

7. Anda juga dapat mengetahui hama penyakit tanamna secara tepat berdasarkan penanganan secara kimiawi dan non-kimiawi

8. Bagi pedagang, anda bisa mengetahui lokasi penananaman sayuran di sekitar anda sehingga lebih mudah untuk mencari produk yang ingin dijual.

9. Bagi petugas atau penyuluh pertanian, melalui Sipindo anda bisa membantu lebih banyak petani di lapangan untuk mendukung kesuksesan pertanaman mereka.

Download https://play.google.com/store/apps/details?id=com.panahmerah.sipindo


Nah segitu dulu ulasan aplikasi ini. Ada ide apa nih buat pertanian Indonesia?
Kalau kamu ada saran untuk aplikasi lain yang ingin diulas langsung saja yaaa..


Fajar Nugraha Wahyu
Leads Jakarta / Review Moderator

0 Response to "[Ulasan Aplikasi] PETANI MILLENIAL HARUS PAKAI 2 APLIKASI INI"

Post a Comment