Inilah Masalah Penting Yang Sering Terjadi di HP Xiaomi + Cara Mengatasinya!


Pada tahun 2012 sebuah vendor Hp bernama Xiaomi meluncurkan produk smartphonenya ke pasaran. Respon yang luar biasa oleh konsumen telah diterima oleh vendor tersebut. Sehingga dalam waktu yang relative singkat, Xiaomi mampu menggebrak pasar smarthphone yang sebelumnya telah dikuasai oleh beberapa vendor lain.Kemunculan Hp Xiaomi ke pasaran telah menghadirkan pilihan baru yang menarik bagi konsumen smartphone. Hal ini terjadi karena Xiaomi mempunyai komitmen untuk selalu bisa menghadirkan sebuah jenis smartphone yang memiliki kualitas premium akan tetapi memiliki harga yang terjangkau. Tidak heran jika selama 2 tahun terakhir kehadiran Xiaomi sudah banyak disegani dan diperhitungkan.

Prinsip Xiaomi yang memberikan kepada konsumen sebuah produk hp yang berkualitas tinggi ajab tetapi dengan harga yang murah ini, tidak jarang membuat konsumen menemukan beberapa permasalahan yang terjadi.

Berikut beberapa permasalahan yang biasa terjadi pada hp Xiaomi dan cara mengatasinya :
1. Jaringan 4G yang sering hilang
Beberapa jenis smartphone Xiaomi yang mengalami kehilangan jaringan 4Gnya di Indonesia adalah Redmi note 3 Pro dan Redmi 3. Hal ini terjadi karena Hp Xiaomi terhalang oleh aturan TKDN yaitu aturan tingkat kandungan dalam negeri yang belum bisa dipenuhi oleh vendor asal Tiongkok tersebut.
Akhirnya pada tahun 2016 kemarin, Xiaomi berhasil memenuhi aturan TKDN yang ada di Indonesia, dengan meluncurkan seri redmi 4A. dengan melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan local di Indonesia, seperti PT. Sat Nusapersada, TSM Technologies dan PT. Erajay. Xiaomi berhasil mendapatkan izin resmi untuk beredar di pasar Indonesia. Sedangkan untuk bisa mengembalikan jaringan 4G yang sering menghilang, anda harus mengeflash ulang ROM Xiaomi anda ke setelan pabrik.

2. Boros baterai saat menggunakan wifi

Baterai Xiaomi jauh akan cepat habis atau boros saat terhubung dengan jaringan wifi. Padahal sinkronisasi emailnya sudah dinon-aktifkan. Hal ini terjadi karena Xiaomi selain melakukan sinkronasi email, Xiaomi juga sering melakukan pembackupan pada Mi-Cloud. Karena pem-backup-an inilah yang menyebabkan baterai Hp Xiaomi menjadi cepat habis.
Untuk bisa mengatasi permasalahan ini. Anda bisa melakukan sign out pada Mi Account untuk meniadakan adanya proses pem-backup-an lagi. Mi Account bisa dimanfaatkan untuk mendownload theme yang anda inginkan, akan tetapi jika anda tidak menggunakannya pun tidak terjadi masalah.

3. Tidak terdapat recovery setting
Adanya recovery setting pada smartphone berbasis Android sangatlah penting, karena recovery setting ini digunakan untuk mengupdate sistem dengan mudah. Selain itu, recovery setting juga berfungsi sebagai tempat backup dan wipe data pada Android. Akan tetapi semua Hp Xiaomi yang diluncurkan dari akhir tahun 2015 hingga 2016 tidak dilengkapi dengan fasilitas recovery setting tersebut. Karena smartphone Xiaomi terbaru mengalami lock-bootlooder.
Untuk bisa melengkapi smatphone anda denga fasilitas recovery setting, anda harus meng-unlock bootlooder Xiaomi anda terlebih dahulu. Caranya anda bisa mengajukan perintah untuk un-lock bootlooder Xiaomi melalui situs http://en.miui.com/unlock dan mengikuti perintah selanjutnya. Setelah anda berhasil meng-unlock maka anda bisa memasang recovery setting dengan menggunakan Adb command.

4. Kontak whatsapp tidak kelihatan
Whatsapp merupakan social media berbasis aplikasi yang memungkinkan anda untuk melakukan chatting, voice call atau video call. Whatsapp bisa diunduh di Playstore atau app store. Jika anda menggunakan Hp Xiaomi maka bisa jadi anda akan mengalami masalah kontak whatsapp tidak kelihatan atau tidak muncul.
Jika anda menemukan masalah tersebut, Anda tidak perlu cemas atau khawatir. Karena hal ini bisa nada atasi dengan setting ulang whatsapp. Caranya anda masuk pada pengaturan, kemudian pilih menu security, lalu pilih permissions dan cari whatsapp. Terakhir berikan tanda ceklis pada kontak.

5. Bbm tertutup sendiri dan notifikasinya tidak muncul

Seperti halnya Whatsapp, BBM atau Blackberry Messenger merupakan aplikasi yang memberikan fasilitas berupa layanan chatting. Akan tetapi pada aplikasi MIUI sangatlah ketat sehingga menyebabkan notifikasi BBM yang seharusnya muncul secara real time malah tidak muncul, atau bahkan menghilang.
Apabila anda mengalami masalah yang demikian, anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan menyetting security permission pada Hp Xiaomi anda. Nyalakan fungsi Autostart pada BBM anda. Cara ini juga berfungsi untuk menjalankan semua aplikasi yang ada di smartphone Xiaomi anda berjalan dengan sempurna.

6. Notifikasi Actifation SIM Card
Masalah selanjutnya yang sering muncul di Hp Xiaomi adalah munculnya notifikasi “SIM Card is Not Activated”. Jika Anda tidak melakukan verifikasi nomor hp Anda pa Mi Account maka yang akan terjadi adalah hal demikian. Akan muncul notifikasi sim card yang tidak aktif padahal jelas-jelas sim card anda berada dalam keadaan aktif. Tentu saja hal ini sangat mengganggu.
Namun anda tidak perlu khawatir karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, anda bisa mengaktifkan atau mendaftarkan no hp anda pada Mi account dengan cara membuka http://i.mi.com. Lalu masukkan nomor hp anda yang ingin anda daftarkan di Mi Account, dan tunggu SMS verifikasi masuk. Jika sudah terdaftar maka notifikasi sim card tidak akan muncul lagi.

7. Google Now tidak berjalan sempurna

Google Now merupakan layanan asisten suara yang terdapat pada platform Android.  Google now memungkinkan anda untuk memberikan perintah hanya dengan perintah suara tanpa anda perlu repot-repot untuk mengetikkan perintah dalam bentuk tulisan. Hanya dengan mengucapkan “OK Google”, lalu diikuti dengan perintah yang ingin Anda berikan maka Google now mampu menjalankan perintah yang diberikan oleh Anda. Akan tetapi pada Xiaomi ternyata perintah “OK Google” tersebut  tidak dapat digunakan secara sempurna.
Jika anda menemui masalah tersebut dan anda bisa  terbiasa menggunakan Google Now dan ingin mengaktifkan fitur ‘OK Google’ maka hal itu sangat mudah untuk diatasi. Dan Anda tidak perlu pusing karena hal tersebut.
Cara mengaktifkannya adalah dengan masuk ke menu Security – Permissions kemudian pada Permissions cari Google App, dan berikan ceklis pada pengaturan modifikasi setting tersebut. Cukup mudah bukan? Anda tidak perlu merasa kesal jika menemukan masalah tersebut pada Hp Xiaomi anda.

Setiap vendor Hp selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk konsumen. Akan tetapi akan sangat wajar jika setiap produk mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Termasuk kelebihan dan kekurangan pada Hp Xiaomi.
Kelebihan yang dimiliki Xiaomi adalah memiliki spesifikasi kelas premium akan tetapi harga murah. Jika anda menemukan kendala diatas maka sangatlah wajar dan semua masalah dapat diatasi jadi anda jangan panik.

Jika anda panik  dan khawatir maka yang terjadi adalah anda sudah merasa kesal terlebih dahulu dan anda tidak mampu untuk menyelesaikan masalah yang anda hadapi dengan baik.  Bisa-bisa anda malah melakukan hal-hal yang tidak memperbaiki maslah yang terjadi malah mempuruk masalah yang terjadi pada hp Xiaomi milik anda. Karena setiap masalah dapat diatasi jika anda dalam pemikiran yang jernih dan tidak dipengaruhi oleh perasaan anda.

Nah diatas adalah beberapa masalah yang pernah saya temukan selama menggunakan produk Xiaomi beberapa tahun terakhir. Tapi tenang dibalik setiap masalah selalu ada solusi dan jawabannya. Anda punya masalah lain yang sering ditemukan di HP Xiaomi?

0 Response to "Inilah Masalah Penting Yang Sering Terjadi di HP Xiaomi + Cara Mengatasinya!"

Post a Comment