Apa itu Touchscreen dan Macam - Macamnya


Hello sobat Fajar atau Sobat realme..


Kita semua menggunakan perangkat layar sentuh dalam kehidupan kita sehari-hari dan yang paling umum adalah smartphone kita, tetapi pernahkah Anda membayangkan bagaimana teknologi layar sentuh ini bekerja?


Teknologi ini adalah jenis manipulasi langsung berbasis teknologi. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk memanipulasi dunia digital di dalam layar tanpa menggunakan perintah-perintah-perintah. Perangkat yang bekerja dengan teknologi ini diciptakan sebagai Layar Sentuh. Tampilan layar sentuh adalah visual elektronik yang mampu mendeteksi dan secara efektif 'menemukan' sentuhan di area tampilan itu. Pajangan ini sensitif terhadap sentuhan jari manusia, tangan, kuku jari runcing dan benda pasif seperti stylus.
realme

Teknologi layar sentuh dikembangkan oleh E.A Johnson pada akhir 1960-an di Inggris

Layar sentuh pertama adalah layar sentuh kapasitif yang kami gunakan hari ini di smartphone kami. Pada tahun 1971 Dr Sam Hurst mengembangkan nama sensor sentuh Elograph. Hurst pada tahun 1977 muncul dengan layar sentuh nyata pertama yang menampilkan permukaan transparan. Pada tahun 1977, elografi perusahaan Hurtst mengembangkan dan mematenkan teknologi layar sentuh resistif yang merupakan salah satu teknologi paling populer yang digunakan saat ini.


Jenis teknologi layar sentuh

Resistive touchscreen

realme
Teknologi resistif ini terdiri dari lapisan fleksibel yang terbuat dari polietilen (PET) dan lapisan bawah yang kaku yang terbuat dari kaca. Lapisan dilapisi dengan senyawa penghantar yang disebut Indium Tin Oxide dan kemudian spasi dengan spacer. Monitor beroperasi dan menjalankan aliran arus listrik antara dua lapisan. Sentuhan belaka dapat menekan layar fleksibel dan menyentuh lapisan bawah. Sentuhan titik koordinat dihitung oleh pengontrol dan diurai menjadi sinyal yang dapat dibaca untuk sistem operasi untuk bereaksi sesuai. Teknologi ini bekerja dengan baik dengan benda seperti stylus

Beberapa perangkat populer yang menggunakan Layar Sentuh Resistif adalah Nintendo DS, Nokia N97, HTC Touch Pro2, Tato HTC, Sony Ericsson Satio, dll.

Teknologi resistif ini hanya mengirimkan 75% cahaya dari monitor. Layar sentuh resistif dibagi lagi menjadi 4, 5, 6, 7, dan 8 layar sentuh resistif. Struktur dari semua modul ini mirip ada perbedaan utama dalam setiap metode untuk menentukan koordinat sentuhan.



Layar Sentuh Resistif Empat-kawat adalah jenis layar sentuh resistif yang menggunakan kedua lapisan untuk menghitung informasi sumbu sentuhan. Pengukuran sentuhan pada kabel 4 adalah proses 2 langkah. .


Pro dan Kontra: Akibatnya, layar sentuh resistif 4-kawat kurang tahan lama, akurat lemah dan dapat hanyut dengan perubahan lingkungan. Namun negatif ini hanya dibocorkan dengan layar sentuh berukuran besar. Mereka murah, mudah didapat, dan mengonsumsi daya rendah.



Layar Sentuh Resistif Delapan-kawat hanyalah variasi dari kabel 4-kawat dengan tambahan 4 kabel indera, dua untuk setiap lapisan. Poin ini membantu mengurangi penyimpangan lingkungan untuk meningkatkan stabilitas sistem. Sistem ini digunakan dalam ukuran 10,4 "atau lebih besar di mana drift dapat menjadi signifikan.



Layar Sentuh Resistif Lima-kawat tidak menggunakan lembar penutup (lapisan fleksibel) dalam menentukan koordinat sentuhan. Penginderaan situs digunakan pada lapisan kaca yang stabil. Dalam desain khusus ini dua kawat menuju lembar penutup dan empat kabel dikerahkan ke empat sudut lembaran bawah. Lembar penutup hanya bertindak sebagai probe pengukur tegangan. Fungsi layar sentuh tetap tanpa cedera bahkan dengan perubahan keseragaman lapisan konduktif di atas lembaran penutup.



Pro dan Kontra: Sangat tahan lama, akurat dan dapat diandalkan. Teknologi ini melibatkan elektronik yang kompleks dan mahal. Namun, dapat digunakan dalam ukuran hingga 22 ".



Layar sentuh resistif Six dan Seven wire juga merupakan varian dari teknologi 5 dan 4 kawat. Dalam layar sentuh resistif 6-kawat, lapisan tanah tambahan ditambahkan di belakang plat kaca yang dikatakan meningkatkan kinerja sistem. Dalam rentang yang sama, varian tujuh kawat memiliki dua garis indera pada pelat bawah. Namun demikian, teknologi ini sama lazimnya dengan rekan-rekan mereka.


Capacitive Touchscreen Technology

realmeTeknologi Layar Sentuh Capacitive adalah teknologi layar sentuh paling populer dan tahan lama yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Mereka terdiri dari panel kaca yang dilapisi dengan bahan kapasitif (konduktif) Indium Tin Oxide (ITO). Sistem ini mengirimkan hampir 90% cahaya dari monitor. Beberapa perangkat yang menggunakan layar sentuh kapasitif adalah Motorola Xoom, Samsung Galaxy Tab, Samsung Galaxy SII, iPad Apple. Jenis perbedaan teknologi kapasitif yang tersedia dijelaskan di bawah ini.


Surface-Capacitive

realme
Dalam teknologi layar sentuh ini, hanya satu sisi insulator yang dilapisi dengan lapisan konduktor. Ketika monitor beroperasi, medan elektrostatik yang seragam terbentuk di atas lapisan konduktif. Jika jari menyentuh layar, konduksi muatan listrik terjadi pada lapisan tanpa lapisan yang menghasilkan pembentukan kapasitor dinamis. Komputer atau pengontrol kemudian mendeteksi posisi sentuhan dengan mengukur perubahan kapasitansi di empat sudut layar.



Pro dan Kontra: Layar sentuh kapasitif permukaan cukup tahan lama dan perlu dikalibrasi selama pembuatan. Karena bahan konduktif diperlukan untuk mengoperasikan layar ini, stylus pasif tidak dapat digunakan untuk layar sentuh kapasitif permukaan.


Projected-Capacitive Touchscreen Technology

realme
Dalam teknologi ini lapisan ITO konduktif terukir untuk membentuk grid beberapa elektroda horizontal dan vertikal. Ini melibatkan penginderaan sepanjang sumbu X dan Y menggunakan pola ITO yang terukir jelas.

Layar dalam teknologi yang diproyeksikan berisi sensor di setiap persimpangan baris dan kolom, sehingga meningkatkan akurasi sistem. Ada dua jenis layar sentuh kapasitif yang diproyeksikan: Mutual Capacitance dan Self Capacitance.

Surface Acoustic Wave Touchscreen

realme
Teknologi layar sentuh Surface Acoustic Wave berisi dua transduser (pemancar dan penerima) yang ditempatkan di sepanjang sumbu X dan sumbu Y pelat kaca monitor beserta beberapa reflektor. Reflektor menghasilkan gelombang yang merambat melintasi kaca dan dipantulkan kembali ke sensor. Demikian pula, jika layar disentuh, gelombang diserap dan sentuhan terdeteksi pada titik itu.


Pro dan kontra

Kejelasan yang diperoleh adalah 100% karena tidak ada lapisan logam di layar, itu dapat dioperasikan menggunakan perangkat pasif seperti stylus, sarung tangan atau kuku jari. Jika layar ini terpapar terlalu banyak, mereka dapat terkontaminasi dengan kotoran, minyak yang dapat menghantui fungsinya yang halus.

Infrared Touchscreen Technology

realme
Dalam Teknologi Layar Sentuh Inframerah, sederetan sumbu X dan Y dilengkapi dengan pasangan Led IR dan detektor foto. Detektor foto mendeteksi perubahan dalam pola cahaya yang dipancarkan oleh Led setiap kali pengguna menyentuh monitor / layar.

Teknologi layar sentuh pemula yang potensial memiliki banyak keunggulan dibandingkan keyboard dan monitor QWERTY konvensional. Layar sentuh memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan antarmuka misalnya perubahan bahasa dan ukuran. Penyesuaian ukuran keyboard akan membantu pengguna untuk memanfaatkan area cadangan untuk tampilan dan penggunaan lainnya. Dengan semakin berkurangnya ukuran komputer dan tablet saat ini, layar sentuh merupakan keunggulan tambahan. Beberapa fungsi harus dilakukan pada layar kecil, layar sentuh memungkinkan pengalihan ke fungsi sesuai keinginan pengguna. Misalnya, keyboard virtual yang merupakan aplikasi layar sentuh hanya ditampilkan di layar ketika pengguna mengizinkannya.



Namun, ada juga sisi lain dari koin di mana ada beberapa fungsi yang tidak dapat dilakukan menggunakan layar sentuh biasa seperti cut-and-paste, opsi menu klik kanan, menu drop-down.



Teknologi Jamak

Teknologi sentuh jamak atau Multi touch adalah varian dari teknologi layar sentuh yang dapat mendeteksi dua atau lebih sentuhan pada area tampilan pada saat bersamaan. Beberapa fungsi umum yang memerlukan antarmuka multitouch adalah memperbesar, memperkecil, memutar objek, menggeser dokumen, keyboard virtual, dll.


Jenis teknologi layar sentuh apa yang Anda inginkan?

Beri tahu di komentar bawah yaa


Jangan lupa follow instagram @fajarnugrahaw

0 Response to "Apa itu Touchscreen dan Macam - Macamnya"

Post a Comment