loading...

TERNYATA INI 5 TIPS BELAJAR BAHASA INGGRIS!




Hello my friend, tentu banyak yaa yang ingin bisa bahasa Inggris, lalu berandai - andai , bisa ngerti nonton film luar tanpa baca subtitle lagi. Tapi terkadang kita tuh malas belajar bahasa inggris, iyaa kan? Coba saya mau tanya nih udah sampai level berapa kemampuan bahasa inggris kalian?

Belajar bahasa inggris idealnya saat anak - anak biar bisa cepat menyerap. Tapi tidak ada masalah jika dimulai secepatnya. Segala sesuatu harus dimulai dari dasar, termasuk dalam belajar bahasa Inggris. Jika kamu memahami dasar-dasar bahasa Inggris maka akan lebih mudah untuk mempelajari bentuk kalimat yang lebih kompleks. Mulai dari mempelajari bentuk kata dasar, kalimat, cara pelafalan, dan cara penulisan. Bila kamu sudah memahami dasar-dasar tersebut, akan lebih mudah untuk memahami materi selanjutnya, bahasa Inggris memang cukup rumit bila pemahaman dasarnya kurang baik, namun bila kamu sudah paham betul, bahasa Inggris akan terasa jauh lebih mudah.

Berikut ada 5 tips belajar bahasa Inggris. 


1. Tulis Motivasi Terbesar


Ilustrasi Amerika Serikat
Shutterstock

Apa sih motivasi kamu belajar bahasa Inggris? Bisa jalan - jalan ke luar negeri? Mau sekolah di luar negeri? Atau mau deket sama bos bule di kantor?

Tulis tepat 5cm di depan keningmu. Tulis dan ingat terus ketika kamu malas belajar. Karena sekarang semua persyaratan kerja rata-rata tertulis " Fasih berbahasa Inggris " 
Atau kamu mau jalan - jalan ke Amerika sendiri? Kamu bisa pasang foto patung Liberty di kamar kamu " Amerika I'm Coming!!! " 
Kalau sudah gitu gak ada alasan untuk malas belajar Bahasa Inggris kan?


2. Pelajari Bentuk Kata (Tenses)

16 tenses bahasa inggris
toughtco.com
Bentuk kata atau tenses adalah hal paling penting dalam bahasa Inggris. Tenses adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang berguna untuk menunjukkan kondisi waktu terjadinya suatu peristiwa. Waktu yang ditunjukkan ada masa lalu, masa kini atau sekarang, dan masa depan. Maka dari itu tenses selalu berada di bab pertama dalam buku belajar bahasa Inggris. Jika kamu berhasil memahami semua tenses, maka bisa dikatakan bahwa kamu sudah menguasai bahasa Inggris sebanyak 60%. Sisanya kamu tinggal pelancar dengan membaca, membaca Novel, Koran atau berita. Dengan begitu vocabulary akan semakin banyak mengenai tenses itu sendiri.

3. Menonton Film

superhero marvel
Marvel Studios
Ini jurus ampuh bagi kalian yang suka sekali menonton film. Coba deh rutinin nonton film luar negeri gitu. Selain nama perbendaharaan kata, bisa juga melatih aksen bicaranya. Ada tips nih buat yang mau mencoba cara ini :
a. Langkah pertama : Di level awal coba nonton film yang kalian sudah tau jalan ceritanya, sehingga kalian bisa kira-kira dia ngomong apa. Walaupun memakai subtitle, kalian bisa belajar cara bicara dan komunikasinya.
b. Langkah kedua : Tonton tanpa menggunakan subtitle. ini melatih kita menebak apa yang dia ucapkan. Usahakan jangan membuka kamus dulu. Ulang tonton dan coba tirukan apa yang dia ucapkan. 
c. Langkah ketiga : Tonton terus sampai anda bisa menirukan dialog antar pemain dengan baik. Sehingga terjadi koordinasi yang baik antara pendengaran dan mulut. Latih terus dan ulangi terus
d. Langkah keempat : Nyalakan Subtitle , ingat subtitle bahasa Inggris yaa beda sama langkah pertama. Nah di level ini kalian mencoba mencocokan apa yang kalian tebak tebak tadi.
Oke dicoba dulu keempat langkah diatas. Kalo boleh gue rekomendasikan coba nonton semua film Marvel, soalnya semua pemainnya memliki aksen bahasa Inggris yang berbeda. Sangat menarik.
4. Cari Teman Yang Memiliki Niat Yang Sama

Kalian sudah belajar, tapi bingung mempraktikannya dengan siapa? Coba deh cari teman yang punya misi yang sama. Kalian bisa mencari sahabat pena online, yang memungkinkan kalian berbalas pesan dengan bahasa Inggris. Kalian bisa mencari web untuk penpal di google, taua kalian bisa coba https://www.interpals.net/ Dengan begitu kalian bisa belajar bercerita dan saling membalas pesan.
Untuk cara lainnya kalian bisa follow orang - orang yang selalu bercakap bahasa Inggris di twitter atau instagram. Disini kalian bisa mengandalkan kepedean kalian untuk mempraktikan apa yang kalian sudah pelajari.
5. Mengambil Kursus

Yaa ini adalah cara yang tepat jika kalian merasa sudah mencoba semuanya tapi tetap tidak bisa dan tidak percaya diri. Dengan kursus kalian juga dapat menemukan teman dan lingkungan yang memiliki niat yang sama. The British Institute, yang dikenal sebagai TBI, didirikan pada 18 Februari 1984 sebagai salah satu insititusi pendidikan yang fokus kepada pembelajaran Bahasa Inggris. TBI adalah tempat kursus Bahasa Inggris yang terdepan dan pertama di Indonesia dengan mutu & kualitas yang tidak perlu dipertanyakan lagi. TBI adalah satu-satunya institusi pelatihan Bahasa Inggris di Indonesia yang disertifikasi oleh the University of Cambridge English, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages)
Keuntungannya?
  • Jadwal kelas yang bervariasi dan dapat di pilih sesuai dengan kebutuhan karena TBI memiliki kelas dari Senin – Sabtu mulai pukul 9 AM – 9 PM
  • Tenaga pengajar baik asing maupun lokal yang berpengalaman dan memiliki standard kualifikasi internasional.
  • Metode pembelajaran yang menyenangkan
  • Bisa belajar dimana saja dan dari mana saja karenaTBI juga memiliki kelas yang dapat diakses secara online, asalkan koneksi internet cukup stabil
  • Biaya kursus yang terjangkau
Kelas apa saja?
  • Young Learners (meliputi kelas anak anak hingga remaja, mulai dari usia 4 tahun – 15 tahun)
  • Global English
  • Conversation
  • Academic English (meliputi kelas untuk persiapan IELTS & TOEFL)
  • Professional English (meliputi kelas Business Communication, Writing & Presentation)
  • Teacher Training (kelas ini merupakan pelatihan untuk yang ingin menjadi guru Bahasa Inggris )
Lokasi TBI:
  • Jakarta: Pondok Indah | Kuningan | Kelapa Gading
  • Cibubur
  • Depok
  • Tangerang: BSD | Gading Serpong
  • Bandung: Riau | Dago | Festlink
  • Malang
  • Bali 
Penulis sendiri mengikut kelas menulis di TBI Pondok Indah, teachernya sangat seru dan ramai. Dapat memancing kita juga untuk berpikir. Cara belajarnya menyenangkan selalu diselingi dengan game. Selama seminggu mengikuti kursus menulis bahasa Inggris disini, sangat have fun dan banyak ilmu yang didapatkan. Daaan selain itu juga dapat teman yang seru juga saling mendukung.

Oh iyaa di TBI ini ada program ini juga lho 
Ini program untuk dewasa :
- General English (Adult) 
- Conversation 
- Business communication 
- IELTS Preparation 
- TOEFL Preparation 
- Academic writing

Jadi, kalian sudah siap kan belajar bahasa Inggris? Tips apa yang akan kalian lakukan pertama kali
Perlu diingat, yang terpenting bukan dasar-dasar belajar bahasa Inggris, tapi kemauan kamu untuk belajar dan berlatih. Nah kalau kalian tertarik bisa hubungi kontak dibawah ini yaa

Contact Details:
Info lebih lanjut: 0895 4119 50535 / 021-7510020
email ke  marketing@tbi.co.id atau kunjungi website: www.tbi.co.id

Instagram: @my.tbi



1 Response to "TERNYATA INI 5 TIPS BELAJAR BAHASA INGGRIS!"

  1. Ya, nonton pake sub english baca dan dengerin jadinya belajar juga yah, dan ambil kursus. thanks yaaa tips nya.

    ReplyDelete

loading...