Galaksion check: 8da5001323d7701c940df146c4c96210
loading...

Green Jobs Sayangi Lingkungan Bisa Profit Juga Lho

Indonesia, negara kaya, apa aja ada. Sumber daya apapun ada, di langit ataupun tanah tentu memiliki masalah dalam pengelolaannya. Berbagai pihak mulai dari akademisi, industri, sampai pemerintah pun berlomba untuk menciptakan istilah green atau ramah lingkungan. Berdasarkan naskah publikasi Analisis Penciptaan Green Jobs (Pekerjaan Hijau) Di Indonesia Menggunakan Model Skenario Investasi Hijau Yang ditulis oleh Rafika Dewi Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kita bisa melihatnya dalam infografis berikut.


Info Grafis Green Jobs


Investasi hijau dalam rangka menciptakan green jobs inilah dapat menyelesaikan 2 masalah di Indonesia sekaligus yaitu masalah ketenagakerjaan dan masalah lingkungan. Nah inilah 4 pekerjaan greenjobs yang cocok untuk pemula SMA/SMK / fresh graduate.

Petani Urban

Pertanian memang sektor yang menggiurkan di Indonesia, tapi sayang sekali semakin hari semakin sedikit lahan untuk pertanian. Urban Farming memberikan berbagai solusi untuk pertanian misalkan kebun hidroponik atau kebun vertikal yang memanfaatkan lahan kosong sekitar rumah.


Petani Milenial Jawa Barat ( source: IG : ridwankamil )

Tidak hanya itu urban farming ini bisa berkembang menjadi digital farming. Dimana, pemanfaatan teknologi untuk hasil pertanian yang maksimal. Digital Farming dapat membantu perkiraan cuaca, menetapkan waktu dan volume yang tepat dalam proses pemupukan, dan lain sebagainya. Petani urban pun sudah menjadi program salah satu provinsi di Indonesia yaitu Jawa Barat melalui https://petanimilenial.jabarprov.go.id/ jabar terus mendorong menciptakan petani-petani modern guna mendukung petani-petani yang sudah ada sebelumnya agar lebih produktif.

Teknisi Panel Surya

Menurut laporan dari Badan Energi Terbarukan Internasional (International Renewable Energy Agency/ IREA) seperti dikutip dari CNBC ada 10,3 juta pekerjaan energi terbarukan di seluruh dunia saat ini, hal tersebut meningkat 5,3 persen sejak 2017. Surya / Matahari menjadi energi baru untuk menghasilkan listrik yang mulai dilirik banyak orang. Karena banyaknya permintaan panel surya, green jobs teknisi panel surya pun meningkat, tapi sayangnya ini merupakan pekerjaan yang perlu keahlian khusus dan perlu pelatihan. Installer PV surya diproyeksikan tumbuh 105 persen dari 2016 hingga 2026, jauh lebih cepat dari pada rata-rata untuk semua pekerjaan.


Pekerja Panel Surya ( Source : Okezone )


Dikutip dari kompas, di 2019 ada peningkatan 50 persen pemasangan atap panel surya, Yang kami catat yang terbanyak adalah di daerah Jakarta. Jadi jumlahnya dari 400-an jadi sekitar 600 rumah tangga yang menggunakan PLTS atap (di Indonesia). Mulai ambil pelatihan dan sertifikasi bila ingin menjadi teknisi panel surya ini, berisiko tapi sangat pantas dengan bayarannya.

Penjaga Hutan Konservasi

Total jumlah penciptaan green jobs di ketiga sektor (sektor energi, pertanian, dan kehutanan) mencapai 4.209.466 pekerjaan, dan merupakan jumlah yang tidak sedikit jika dibandingkan dengan jumlah pengangguran Indonesia yang mencapai 7,45 juta orang (BPS, 2015). Dan pekerjaan penjaga hutan konservasi menjadi sangat dicari untuk melindungi hutan yang ada di Indonesia. WWF Indonesia menyatakan bahwa Indonesia rentan dengan dampak perubahan iklim dikarenakan Indonesia menjadi salah satu negara dengan populasi penduduk terpadat serta memiliki ribuan pulau-pulau kecil. Perubahan iklim yang terjadi di Indonesia ini diakibatkan oleh kegiatan manusia berupa perusakan hutan, pembakaran lahan gambut serta penggunaan bahan bakar kotor.


Forest Keeper Ilustasi

Pekerjaan ini menjadi sangat penting karena saat ini mulai banyak alih fungsi lahan hutan menjadi perkebunan. Bekerjasama dengan Pengacara Lingkungan, pekerjaan ini sangat dibutuhkan untuk melindungi bumi dari perubahan iklim yang ekstrim. Profesi Pengacara Lingkungan dan penjaga hutan diprediksi akan terus tumbuh karena adanya fenomena perubahan iklim yang sedang melanda bumi. Gelar Doktor atau Profesional dibutuhkan untuk jadi seorang Pengacara Lingkungan dan SMA/SMK/Fresh Graduate untuk penjaga hutan.

Perencana Kota

Keadaan kota yang semrawut, tidak memperhatikan keadaan alam ini sungguh membuat miris. Jika terjadi bencana nanti yang disalahkan pemerintah. Profesi ini cukup urgent agar tata kelola kota antara green area dan area produktif serta permukiman bisa pas porsinya.

Tata Kelola Kota Ilustrasi

Biasanya pekerjaan ini dibutuhkan pemerintahan daerah, karena itu dibutuhkan gelar minimal sarjana agar bisa berprofesi menjadi perencana kota. Seperti yang dilansir pada halaman resmi Kementerian PUPR Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rido Matari Ichwan mengatakan, perencana wilayah dan kota tidak hanya menyusun rencana tata ruang tapi juga mengimplementasikan tata ruang lewat program infrastruktur terpadu. “Saat ini BPIW mengalami keterbatasan tenaga ahli perencana wilayah dan kota. Diperkirakan kebutuhan perencana wilayah dan kota mencapai ratusan tenaga ahli,” jelas Rido. Perencana kota tidak hanya mendesain suatu tatanan kota tetapi harus juga memikirkan daerah yang ada agar produktif bagi masyarakat sehingga masyarakat daerah tersebut bisa menikmati hasil bumi tempat tinggalnya. Inilah yang diharapkan pada anak muda, mahasiswa jurusan perencanaan wilayah dan kota untuk berkontribusi di daerahnya.

Nah itulah beberapa pekerjaan yang green jobs banget. Sebenarnya ada banyak lagi, salah satu pilihannya yaitu wirausaha mengelola sampah. Banyak banget saat ini sampah diolah menjadi tas, pot, celengan dan lain-lain. Intinya kenali diri sendiri bakat apa yang kalian punya dan ingin terjun ke dunia green jobs. Mulailah dari diri sendiri, sadar akan lingkungan tentu akan membantu lingkungan mencintai kita juga.




0 Response to "Green Jobs Sayangi Lingkungan Bisa Profit Juga Lho"

Post a Comment

loading...