loading...

FOTO KONSER JADI LEBIH BAGUS KALAU PAKAI TIPS INI YAKIN!

Hello sobat Fajar, kalian punya hobi nonton konser dan mau bisa menghasilkan foto konser atau stage fotografi yang apik walau hanya menggunakan HP?
Waaah gampang banget ini, gue bakal kasih beberapa tips mengenai stage photography menggunakan HP. Karena gue percaya HP jaman sekarang mumpuni untuk bisa melakukan hal tersebut. Mantap

Kelebihan menggunakan HP saat datang di acara pertunjukan adalah ringkas, tidak melanggar peraturan pertunjukan (banyak dari pertunjukan musik yang tidak memperbolehkan DSLR atau Mirrorless masuk ke venue) dan baterai lebih awet. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua konser musik mengizinkan kalian untuk memotret dengan DSLR. Kecuali, kalian adalah fotografer resmi yang disewa oleh panitia atau kalian seorang pers yang sudah meminta izin terlebih dahulu.


1. Tunggu momen yang tepat semisal lagi teriak



Momen yang tepat menjadi foto jadi lebih hidup kalau pas si artist beraksi dengan mimik muka yang alami. Para fotografer biasanya menggunakan dua teknik saat sedang foto di konser musik. Teknik pertama yaitu Freeze Motion, di mana objek foto membeku dalam foto tersebut dapat dilihat contoh foto diatas. Ini merupakan teknik Freeze Motion menangkap kejadian yang unik dan momen yang membawa atmosfer konser.

Teknik kedua adalah Implying Motion, di mana Anda akan menciptakan foto dengan flowing effect yang memiliki efek gerakan. Misalkan vokalisnya blur, atau suasana belakang panggung blue. Efek ini berfungsi untuk memberikan gambaran crowd dimana fotografer sedang mengambil gambar.

Dan jangan lupa untuk selalu melihat kembali hasil jepretan, ulangi sampai kalian merasa puas.

2. Pakai HDR aja dan Tangkap Foto " Berbicara"




Yaa pakai HDR membuat sorotan lampu dan si artis makin tajam walau dalam gelap. Dengan fitur HDR warna - warna jadi lebih hidup. Dan efek - efek asap pun jadi lebih nyata terlihat. Dengan fitur HDR kamera HP kita bisa menangkap foto, seolah foto itu berbicara, seperti contoh foto diatas, kita tentu mengerti Via Vallen sedang mengajak nyanyi bersama penggemarnya. Foto "berbicara" ini sangat membantu menunjukkan atmosfer dari konser tersebut. 
Misalkan kalian lagi nonton konser rock, usahakan dapat saat vokalisnya nyanyi dengan urat - urat leher yang menonjol dan sedang berapi-api untuk teriak. Tentunya hasil foto yang dihasilkan akan membawa yang melihat " Wah ini keren banget konsernya"

3. Coba deh kamu menerobos sampai ke baris paling depan





Pada umumnya, fotografer diberikan waktu 10 menit (Sekitar 3 lagu yang akan dimainkan oleh musisi) untuk mengabadikan momen saat musisi tampil di atas panggung, dimana spotlight lampu lagi bagus dan memang di setting untuk berfoto. Spot terbaik untuk foto adalah tepat dibibir panggung, biar gak kena tangan - tangan penonton lain. Baricade besi dekat panggung bisa menjadi sandaran tangan untuk memotret sehingga jadi lebih stabil.

4. Cahaya panggung merupakan cahaya paling bagus



Sorot lampu panggung memang memberikan efek yang pertama untuk foto. Ambil momen yang pas ketika lampu sorot, menyorot menyilang dari HP jangan pas kearah HPnya nanti jadi silau. Lalu ada baiknya gunakan ISO 800 karena baik di kamera profesional ataupun di HP, mampu mengurangi noise ketika banyak dapat serangan lampu sorot,

Foto diatas diambil pakai kamera yaa, jadi coba silahkan gunakan HP kamu untuk menghasilkan foto serupa..

Bisa??

Nah, inilah tips foto di konser musik yang harus kalian perhatikan sebelum membuat persiapan yang matang, sebaiknya kalian tau nih lokasi dan atmosfer serta peraturan konser tersebut.


Fajar Nugraha Wahyu



0 Response to "FOTO KONSER JADI LEBIH BAGUS KALAU PAKAI TIPS INI YAKIN!"

Post a comment

loading...