LIBURAN AKHIR TAHUN BAYI TANPA DRAMA RUAM POPOK, ANAK TENANG, ORANG TUA PUN SENANG - Review Gadget Terbaru Fajar Nugraha Wahyu

Breaking

Monday 19 December 2022

LIBURAN AKHIR TAHUN BAYI TANPA DRAMA RUAM POPOK, ANAK TENANG, ORANG TUA PUN SENANG



Musim liburan telah tiba nih. Ayah bunda pasti sudah penat dengan rutinitas sehari-hari yang sangat menyita waktu dan tenaga. Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk liburan bersama keluarga. Sebenarnya tidak cuma kita saja sebagai orang dewasa yang butuh liburan lho, ternyata anak bayi pun perlu banget nih liburan. Selain agar anak tahu dunia luar, juga bisa melatih motorik si kecil nih.


Berbeda dengan orang dewasa yang bisa liburan kemana aja, tapi untuk bayi pilihan liburannya jadi sangat terbatas nih. Selain kondisi tubuhnya masih sangat sensitif, bayi juga masih sangat moody untuk tempat-tempat baru. Sebagai orang tua harus memilih tempat wisata yang pas dan menyenangkan serta tidak membahayakan. Beberapa rekomendasi tempat dan ide ini bisa ayah bunda pilih saat liburan akhir tahun nanti bersama si kecil:


  1. Pantai


Pantai memang tempat yang cocok untuk piknik bersama si kecil. Menggelar alas untuk duduk di pinggir pantai sambil bermain pasir bersama si kecil adalah kegiatan yang menyenangkan bagi bayi. Apalagi sambil menikmati birunya langit dan suara ombak yang bikin hati tenang. 


Pantai ( Sumber: Freepik)


Matahari yang menyengat juga mengandung Vitamin D baik untuk pertumbuhan bayi. Mengajak bayi ke pantai melatih kemampuan adaptasi bayi dengan alam bebas. Apabila bayi belum bisa berjalan, piknik di pantai adalah hal yang tepat, karena bisa menjadi arena belajar berjalan untuk si bayi.


  1. Waterpark


Air dan bayi adalah hal yang sulit untuk dipisahkan. Liburan bersama bayi ke waterpark merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk bayi. Belajar berenang sejak dini akan melatih fisik dan mental si kecil. Manfaat lainnya yaitu berenang bersama anak dapat meningkatkan ikatan batin antara orang tua dengan anak.


Taman Bermain Air ( sumber: Freepik )


Dengan belajar berenang sejak dini, bayi melatih gerakan tangan dan kaki serta koordinasi dengan otak, yang tentunya sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Sebagai masukkan jika ingin mengajak anak ke waterpark setelah tahun pertama bayi agar secara motorik bayi sudah siap.


  1. Kebun Binatang


Kebun binatang memang menjadi tempat favorit untuk berpiknik bersama keluarga. Di bawah rimbunnya pohon yang sejuk sambil melihat tingkah binatang-binatang yang lucu. Bayi pun walau belum banyak mengerti nama-nama hewan pasti senang berinteraksi dengan binatang, apalagi sampai bisa mengelus binatang tersebut.


Kebun Binatang ( sumber: Freepik )


Sebagai orang tua, liburan ke kebun binatang bisa menjadi sarana kita mengenalkan berbagai jenis hewan sejak dini ke bayi. Pergi ke kebun binatang juga bisa mengajarkan bayi untuk tidak takut kepada hewan dan sebagai pembelajaran kepada bayi untuk menghormati sesama makhluk hidup.


Tentu bepergian bersama bayi memerlukan persiapan yang lebih. Mulai dari bekal makan sampai pakaian. Percayalah mengurus bayi memang bukanlah hal yang mudah. Pekerjaan ini kerap sekali disepelekan ini nyatanya cukup melelahkan apalagi bila ingin mengajak bayi jalan-jalan.


Lalu bagaimana persiapan liburan bersama bayi? Pasti dalam benak sudah pasti sangat merepotkan. Namun, tidak perlu khawatir, bagi orang tua yang ingin pergi liburan bersama bayi, berikut ini beberapa yang harus diperhatikan:


  1. Cari Destinasi Liburan Yang Aman


Sebelum pergi berlibur ada baiknya riset tempat liburan yang dituju, apakah ramah ke anak kecil serta tidak membahayakan. Orang tua juga harus sudah menulis rencana liburan dengan matang agar perjalanan tidak terlalu melelahkan untuk si bayi.


  1. Konsultasikan Dengan Dokter


Hal yang penting selanjutnya adalah konsultasi kondisi bayi ke dokter sebelum liburan. Banyak sekali jasa konsultasi dokter gratis online yang tersedia sekarang melalui aplikasi bila tidak sempat ke klinik. Konsultasi ibu dan anak ini penting sekali untuk mengetahui kondisi bayi dan ibunya sesuai dan cukup prima atau tidak untuk liburan ke destinasi yang telah ditentukan. Jangan sampai niat liburan malah jadi musibah karena kondisi menurun.


  1. Siapkan Tas Khusus Untuk Perlengkapan Bayi


Perlengkapan bayi tidak boleh lupa karena penting sekali. Disimpan di tas khusus akan mempermudah mengambil jika butuh cepat. Bawa hal penting seperti selimut, kaos kaki, popok, alas untuk mengganti popok, obat-obatan, botol minum dan minyak telon. Keamanan dan kenyamanan si kecil harus jadi perhatian khusus agar liburan tetap happy.



Tingkah bayi saat liburan memang sangat lucu dan selalu menggemaskan. Tiada hari tanpa perilaku unik dan membuat kita menjadi gregetan. Bunda pasti sadar, kebersamaannya bersama bayi tersayang tidak selalu full. Bayi pun juga belum memiliki kontrol akan dirinya sendiri, termasuk perihal buang air kecil dan buang air besar selama liburan.


Terlebih lagi yaa bunda di usia bayi yang masih sangat kecil, kurang dari 1 tahun, dimana seringkali bayi buang air sangat sering dan itu merepotkan orang tua yang mengasuhnya. Maka dari itu orang tua memilih untuk memakaikan anak popok sekali pakai agar tidak repot membersihkan kotoran bayi. Banyak orang tua yang memutuskan untuk memakai popok sekali pakai untuk bayinya karena dinilai praktis dan mudah digunakan. Perlu diperhatikan untuk para orang tua, popok sekali pakai ternyata bisa menimbulkan risiko ruam popok jika tak rutin menggantinya, jadi harus benar-benar disiplin. Karena menurut fakta dari hasil riset Adalat S, Wall D, Goodyear H tahun 2007, lebih dari 50% bayi akan mengalami setidaknya satu kali masa dermatitis popok iritan selama fase pemakaian popok


Popok sekali pakai yang jarang diganti bisa menyebabkan iritasi pada area kelamin, selangkangan dan pantat bayi. Karena itu orang tua juga perlu rutin kontrol penggunaan popok sekali pakai ini selama pergi liburan bersama bayi. Bayi liburan tanpa drama ruam popok.


Lantas, berapa jam sekali idealnya untuk mengganti popok bayi ini?


1. Cek setiap 2 - 3 jam


Banyak popok sekali pakai yang di kemasannya menuliskan tahan hingga 8-10 jam. Tapi nyatanya ayah bunda perlu mengecek 2-3 jam sekali karena takut sudah penuh dan membuat bayi tidak nyaman. Karena menurut dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak mengatakan, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit.“

Idealnya, popok sekali pakai sebaiknya diganti setidaknya setiap 4 jam sekali (boleh kurang, namun tidak boleh lebih) dan setiap kali bayi buang air untuk memberikan kenyamanan pada bayi juga.


2. Lihat tingkah bayi


Kenyamanan bayi saat memakai perlu dicek berkala. Ketika bayi gelisah coba cek dahulu popoknya apakah penuh apa buang air besar. Apabila buang air besar segera bersihkan dan ganti popok jangan sampai ditunda terlalu lama. Usahakan jangan dibiarkan terlalu lama, karena bisa membuat kulit di sekitar paha dan kemaluan bayi lembab dan sulit bernapas.


Pemilihan popok juga perlu diperhatikan dengan baik, karena kulit dan tubuh bayi masih sangat sensitif. Konsultasi dengan dokter atau ahli adalah langkah yang tepat untuk mencegah ruam popok sebelum memilih popok untuk bayi. Jangan asal murah tetapi malah berbahaya bagi kulit bayi itu sendiri. Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan untuk memilih popok sekali pakai :


1. Berbahan lembut

2. Disesuaikan dengan berat badan bayi

3. Punya daya serap kuat

4. Bebas Iritasi Kulit Bayi

5. Pertimbangkan Budget


Dari beberapa pertimbangkan itu, Ayah Bunda harus benar - benar teliti agar sang bayi pun tetap sehat dan nyaman selama liburan. Di pasaran hadir popok sekali pakai dari MAKUKU dengan teknologi terbaru dan canggih bernama SAP (Super Absorbent Polymer). 



Popok ini bisa menjadi pilihan untuk ayah bunda yang sedang mencari popok sekali pakai untuk sang buah hati. Ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangkan untuk memilih MAKUKU SAP Diapers sebagai popok andalan untuk bayi ayah bunda:


  1. Bahan super lembut


MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki keunggulan permukaan selembut sutra sehingga aman untuk kulit bayi yang sensitif. Bila bayi bergerak aktif, MAKUKU SAP Diapers Slim akan melindung kulit bayi agar tidak lecet. Bayi pun tetap nyaman dan bisa bergerak aktif walaupun memakai diapers. Dengan struktur 3D, MAKUKU SAP Diapers Slim bisa mengurangi kontak langsung dengan kulit, mengurangi gesekan dan mengurangi iritasi di pantat bayi. Aman dan nyaman pasti si buah hati.  Canggihnya MAKUKU SAP Diapers Slim hanya memiliki ketebalan 1.6 mm sehingga ringan banget.



Di samping itu kecanggihan MAKUKU SAP Diapers Slim adalah memiliki indikator urin Sebagai pengingat untuk mengganti popok. Serta popok bayi ini pun ramah lingkungan karena terdapat tape pembuangan yang mempermudah orang tua untuk membuang popok setelah dipakai agar lingkungan tetap bersih.


  1. Disesuaikan dengan berat badan bayi


Diapers yang sempit tentu membuat bayi tidak nyaman. Ayah bunda harus teliti dan jeli untuk memakaikan diapers yang sesuai dengan berat badan bayi. MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki banyak pilihan ukuran. Berikut tabel ukuran MAKUKU SAP Diapers Slim : 



Popok perlu lebih disesuaikan untuk mendukung kemudahan bayi dalam bergerak, seperti duduk, merangkak, atau bahkan berjalan. Pedoman ukuran ada kemasan MAKUKU SAP Diapers Slim mencantumkan berat badan yang disarankan untuk bayi yang mengenakan popok itu. Jika berat Si Buah Hati Anda berada di ujung bawah skala untuk ukuran popok berikutnya, maka pilihlah ukuran yang lebih besar untuk kenyamanan.


  1. Punya daya serap kuat


Merasa basah adalah hal yang menyebabkan bayi rewel dan susah tidur dengan nyenyak. Apalagi bayi belum punya kontrol untuk buang air. Jadi faktor utama dalam memilih popok bayi adalah kecepatan menyerap air agar si bayi tetap merasa kering.



MAKUKU SAP Diapers Slim adalah pilihan tepat. Karena dengan teknologi tercanggih SAP (Super Absorbent Polymer), teknologi ini mampu menyerap hingga 500ml dan mengunci cairan dan tetap ringan meskipun sudah menampung cairan yang cukup banyak. Kemampuan cepat dan merata membuat air tidak menggumpal sehingga tidak bocor. Diapers tetap tipis karena air kering merata tersebar ke seluruh bagian diapers. Super canggih! Anak bisa bergerak aktif dan bisa tidur nyenyak deh.


  1. Bebas Iritasi kulit bayi


Kulit bayi sangatlah sensitif, bila terkena benda asing mudah sekali ruam dan kemerahan. Pemilihan bahan popok yang lembut dan tidak menyebabkan lecet harus diutamakan. MAKUKU SAP Diapers Slim menghadirkan teknologi inti strukstur SAP yang mampu mengurangi risiko ruam popok Si Kecil.



Permukaan yang berongga juga memberikan kulit bayi bernafas sehingga tidak panas menyebabkan ruam. Struktur 3D juga canggih sekali karena mengurangi gesekan langsung dengan kulit bayi yang masih sangat sensitif. Bobotnya yang ringan serta tipis juga tambah membuat nyaman bayi bergerak atau saat tidur. Kulit aman bayi pun senang.


  1. Pertimbangkan Budget


Membeli popok memang sudah menjadi kebutuhan pokok bila punya bayi. Pertimbangan budget pun harus dipikirkan matang sebelum membeli popok bayi. Popok bayi dengan harga yang terjangkau dan teknologi terbaru bisa ayah bunda pilih MAKUKU SAP Diapers Slim dengan berbagai teknologi yang telah disebutkan di atas. 


MAKUKU SAP Diapers Slim hadir dalam tipe perekat untuk ukuran Newborn, S, M serta tipe celana dalam ukuran M, L, XL, XXL mulai dari Rp.55.000 hingga Rp. 107.000. Bisa dapat harga lebih murah dengan memakai voucher di ecommerce kesayangan. Hadir juga di supermarket - supermarket Hero, Grand Lucky, AEON, Transmart di Pulau Jawa dan Bali, dan Diamond Supermarket. 



Itulah tak perlu diragukan lagi pilihan terbaik untuk popok bayi MAKUKU SAP Diapers Slim dengan kelembutan No. 1 serta teknologi SAP dengan daya serap super tinggi anti gumpal dan anti bocor. MAKUKU diapers juga sediakan layanan tanya dokter gratis yang bekerjasama dengan 10 rumah sakit dari berbagai kota.

10 rumah sakit yang turut serta dalam program kolaborasi ini yaitu:

  1. RS St. Carolus di Jakarta

  2. RSIA Bina Medika di Tangerang

  3. RS Lira Medika di Karawang

  4. RS Hermina Pasteur di Bandung

  5. RS Hermina Pandanaran di Semarang

  6. RSIA Putri di Surabaya

  7. RS Mitra Medika Premiere di Medan

  8. RSIA Azzahra di Palembang

  9. RSIA Bunda Asy Syifa di Lampung

  10. RSIA Ananda di Makassar


MAKUKU selalu berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik untuk ibu dan anak termasuk layanan konsultasi dokter gratis ini dengan para dokter spesialis agar lebih perhatian lagi dengan pencegahan dan penanganan yang tepat bagi bayi masalah ruam popok. Hal ini bisa juga ayah bunda pantau informasinya di berbagai media sosial MAKUKU diapers.


Liburan aman dan nyaman dengan MAKUKU SAP Diapers Slim, anak nyaman bebas drama orang tua pun senang. Sediakan selalu MAKUKU SAP Diapers Slim di tas perlengkapan bayi saat liburan kamu yaa sahabat.




Jadi liburan kemana nih akhir tahun ini?


No comments:

Post a Comment