POSITIVE NEGATIVE TESTING DOCUMENT



PROJECT DOCUMENTATION





POSITIVE NEGATIVE TESTING DOCUMENT
Version 1.0




MINUMKOPI.16MB.COM



Prepared for
PT. MINUM KOPI











Author                 :   Fajar Nugraha Wahyu/ Document Leader / 11140910000013
Diperiksa oleh     : Rayi P. Iswara / Dosen
 Kode Dokumen    :
Versi                    :  1.0
Status                  :  Draft
Tanggal               :   10 June 2017
Nama File           :   Minumkopi-positive negative testing.docx









REVIEWED AND APPROVED

This document has been reviewed and approved by:

APPROVAL DOCUMENT
MINUM KOPI
DOSEN UIN JAKARTA







FAJAR NUGRAHA WAHYU
Author







RAYI P. ISWARA
Reviewer



SUMMARY OF TEST RESULTS


TESTING COMPONENT
PASS
FAIL
DATABASE RULES AND POLICY
TESTING SCENARIO 1 – Daftar akun Data Normal


TESTING SCENARIO2 – Daftar Akun dengan data yang salah/asal


TESTING SCENARIO 3 – Login dengan data yang benar


TESTING SCENARIO 4 – Login dengan data yang salah


TESTING SCENARIO 5 – Masukkan komentar dengan data yang benar


TESTING SCENARIO 6 – Memasukkan komentar dengan data yang salah


TESTING SCENARIO 7 – Jumlah barang diisi dengan data yang benar


TESTING SCENARIO 8 – Jumlah barang diisi dengan data yang salah


Details of the test can be seen in the further section.




1.    Deskripsi



Pengujian positif adalah teknik pengujian untuk menunjukkan bahwa produk atau aplikasi yang diuji melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Pengujian positif memverifikasi bagaimana aplikasi berperilaku untuk set positif dari data.
Pengetian lain dari Positive Testing adalah proses pengujian dimana sistem divalidasi terhadap data input yang valid. Dalam pengujian ini tester selalu memeriksa hanya set nilai yang valid dan memeriksa apakah aplikasi berperilaku seperti yang diharapkan dengan input yang diharapkan. Tujuan utama pengujian ini adalah untuk mengecek apakah aplikasi perangkat lunak tidak menunjukkan kesalahan saat tidak seharusnya & menunjukkan kesalahan saat seharusnya. Pengujian semacam itu harus dilakukan dengan tetap memperhatikan sudut pandang positif & hanya melakukan skenario positif. Pengujian Positif selalu mencoba untuk membuktikan bahwa suatu produk dan proyek yang diberikan selalu memenuhi persyaratan dan spesifikasi. Di bawah pengujian positif  memeriksa perilaku aplikasi yang diharapkan.

Contoh pengujian positif:
Skenario di mana Anda ingin menguji aplikasi yang berisi kotak teks sederhana untuk memasuki usia dan persyaratan mengatakan bahwa itu hanya memerlukan nilai bilangan bulat. Jadi disini hanya memberikan nilai integer positif untuk mengecek apakah ia bekerja seperti yang diharapkan atau tidak adalah Positive Testing. Sebagian besar pengembang aplikasi menerapkan skenario positif dimana penguji mendapatkan lebih sedikit kekurangan yang dihitung seputar pengujian positif.

Pengujian negatif, biasa disebut sebagai error path testing atau failure testing yang dilakukan untuk menjamin kestabilan aplikasi. Pengujian negatif adalah proses penerapan kreativitas sebanyak mungkin dan memvalidasi aplikasi terhadap data yang tidak valid
Dalam Pengujian Negatif sistem divalidasi dengan memberikan data yang tidak benar sebagai masukan. Uji negatif memeriksa apakah aplikasi berperilaku seperti yang diharapkan dengan input

negatifnya. Ini untuk menguji aplikasi yang tidak melakukan apapun yang seharusnya tidak dilakukan. Pengujian semacam itu harus dilakukan dengan tetap memperhatikan sudut pandang negatif & hanya melakukan uji coba untuk hanya data masukan yang tidak valid.
Alasan utama dibalik pengujian Negatif adalah memeriksa kestabilan aplikasi perangkat lunak terhadap pengaruh berbagai variasi data validasi yang salah. Pengujian negatif membantu untuk menemukan lebih banyak cacat & meningkatkan kualitas aplikasi perangkat lunak yang diuji namun harus dilakukan setelah pengujian positif selesai.
Untuk lebih memastikan kepuasan pelanggan, ada beberapa tes yang dilakukan untuk menunjukkan bahwa perangkat lunak tidak bekerja seperti yang diharapkan, yang dikenal sebagai Pengujian Negatif. Terkadang, hanya satu tes yang gagal yang cukup untuk menyimpulkan bahwa perangkat lunak tidak berfungsi seperti yang diharapkan. Pengujian negatif juga disebut pengujian kotor. Beberapa penjelasan yang paling umum untuk pengujian negatif adalah sebagai berikut:
Uji Negatif berencana untuk menekankan sistem di luar batas untuk apa yang telah dibangun; Untuk menggunakannya dengan cara yang salah; Untuk menekankan sistem di luar kasus penggunaan normal; Menyebabkan penolakan layanan. Sebuah rencana pengujian negatif menunjukkan bahwa perangkat lunak tidak bekerja. Uji coba perangkat lunak negatif sedang diuji, jika melakukan sesuatu yang tidak seharusnya dilakukan, seperti menerima kata sandi kata kunci, bila persyaratannya adalah agar kata sandi memiliki setidaknya satu nomor. Dengan kata sederhana, sebuah uji kasus negatif akan memiliki skrip yang ditulis bertentangan dengan apa yang diberikan dalam aspek fungsional untuk memecahkan fungsinya.
Tujuan utama di sini adalah untuk memeriksa apakah aplikasi perangkat lunak yang diberikan stabil dan melakukan apa yang direncanakannya. Terkadang, hanya satu tes yang gagal yang cukup untuk menyimpulkan bahwa perangkat lunak tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Orang juga menyebut pengujian negatif sebagai pengujian yang kotor.
Sementara sebagian besar pengujian kualitas dilakukan, menunjukkan bahwa program tersebut bekerja dalam tingkat yang dapat diterima yang disepakati, pengujian negatif benar-benar berlawanan. Pada kenyataannya, tes dirancang untuk membuat sistem gagal. Dengan pendekatan ini, kelemahan,
kesalahan dan potensi masalah lainnya segera terungkap. Pengujian negatif juga dapat didefinisikan sebagai pengujian aplikasi perangkat lunak di luar batas operasinya, yaitu di atas batas spesifikasi atas dan di bawah batas spesifikasi yang lebih rendah. Penguji mencoba untuk memverifikasi apakah perangkat lunak akan melakukan sesuatu yang tidak dirancang untuk dilakukan. Hal ini dilakukan dengan cara:
1.      Memperkenalkan masukan palsu yang disengaja seperti memasukkan huruf besar alih-alih huruf

kecil atau memasukkan huruf besar-kecil, bukan nomor satu minimum yang diperlukan untuk bidang kata sandi
2.      Menguji perangkat lunak dengan nilai batas (minimum dan maksimum) atau input data yang salah seperti meminta untuk menarik $ 10 bila jumlah yang tersedia hanya $ 5

Tujuan Pengujian Negatif
Penting untuk memahami tujuan pengujian negatif. Pengujian negatif bukanlah duplikasi atau sedikit variasi tes skrip dan melibatkan biaya tambahan dan waktu yang diperlukan? Apakah itu benar-benar suatu keharusan dalam pengembangan perangkat lunak? Sebenarnya, informasi berharga tentang fungsionalitas perangkat lunak dan keandalan ditemukan selama pengujian negatif. Pengujian negatif bertujuan untuk:
1.      Diagnosis kemungkinan penyebab kegagalan seperti crash, pelanggaran keamanan dan korupsi data
2.      Penilaian waktu respon terhadap masalah eksternal; Waktu respon untuk permintaan tertentu
3.      Identifikasi kelemahan perangkat lunak dan potensi eksploitasi; Kekhawatiran dengan fitur keamanan aplikasi.
4.      Tester terampil akan dapat mengetahui potensi zona bahaya dengan sangat mudah.
5.      Verifikasi masalah fungsionalitas seperti penanganan kesalahan dan pemulihan
6.      Masukan validasi dan penolakan

Contoh Masukan yang Salah
1.      Data di luar jangkauan, contoh terlalu banyak melebihi batas
2.      Tanggal dalam format yang salah, dd / mm / yyyy bukan mm / dd / yyyy yang dibutuhkan

Pengujian negatif berlaku dalam berbagai tahap pengembangan perangkat lunak seperti yang disorot di bawah ini:
1.      Analisis Persyaratan - Analisis kebutuhan bisa menjadi cara yang bagus untuk memvalidasi fungsi lebih awal dan mengekspos kondisi yang tidak dipertimbangkan selama tahap perancangan pembangunan. Terkadang, beberapa klien mungkin memerlukan fungsi tertentu, namun sulit untuk berkorelasi dengan keseluruhan desain. Deteksi dini

ketidakcocokan desain ini akan menghemat waktu dan uang yang berharga bagi pengembang dan pengembang.
2.      Pengujian Sistem - Uji negatif menggunakan tes skrip yang berlaku, namun menggunakan nilai-nilai yang benar-benar akan menyebabkan kegagalan.
3.      Extended Use - Pengujian negatif dapat mengekspos kasus banyak kesalahan selama penggunaan diperpanjang. Namun, beberapa kelemahan dan kegagalan mungkin tidak terdeteksi pada tahap awal pengembangan perangkat lunak. Penggunaan yang diperluas memungkinkan pengujian untuk menentukan batas kinerja sistem.

Pengujian negatif adalah salah satu cara paling praktis untuk membuat sistem menangani kesalahan dan kegagalan dengan cara yang tepat. Penguji dapat melakukan operasi ini bersamaan dengan semua jenis pengujian positif untuk memastikan perangkat lunak mampu menangani informasi dan kesalahan yang tidak konsisten.





Kegiatan Pengujian Negatif
 Pengujian negatif akan menjamin bahwa aplikasi perangkat lunak Anda dapat dengan mudah menangani masukan yang tidak benar atau perilaku pengguna yang tidak terduga. Tujuan utama pengujian negatif adalah untuk mengetahui situasi yang tidak terduga. Pengujian negatif juga membantu Anda meningkatkan kualitas aplikasi dan mendeteksi titik lemahnya. Tes ini terbuka dan terkadang bersifat eksploratif. Perencanaan awal dan dokumen sangat diperlukan saat melakukan tes. Berikut adalah beberapa kegiatan pengujian negatif yang penting untuk melakukan prosedur yang tidak benar:
1.      Desain dan Eksekusi
Uji negatif melibatkan pengenalan input yang keliru sehingga sistem gagal. Oleh karena itu, Anda harus memiliki daftar kecil pilihan masukan Anda yang dapat meningkatkan kecepatan pengujian dan kemudian menghindari hilangnya data yang berguna. Hasil yang didapat oleh tes awal akan mendeteksi langkah selanjutnya.
2.      Melakukan Tes Eksplorasi
Tes eksplorasi bertindak sebagai uji lanjutan yang akan membantu Anda mendeteksi masalah terbuka yang ditemukan dalam pengujian negatif awal. Karena situasi yang tak terduga dan tidak dapat diprediksi, pengujian eksplorasi bisa menjadi cara yang paling layak untuk maju.

3.      Hasil uji dapat menilai risiko dan kelemahan pada sistem
Langkah ini akan memastikan bahwa langkah selanjutnya yang Anda ambil akan menjadi langkah yang paling tepat. Alat tambahan dan personil mungkin ditugaskan untuk mengejar ketinggalan dengan pekerjaan tambahan, jika perlu.

4.      Verifikasi dan tes lanjutan untuk masalah yang dihadapi
Langkah ini akan membantu Anda mengevaluasi arah di mana Anda ingin tes Anda berjalan.
5.      Komunikasikan hasil tes
 Kegiatan pengujian akan memberi komunikasi praktis terhadap hasil yang diperoleh. Semua tindakan korektif akan menghasilkan peningkatan dan penyempurnaan produk.

Contoh Pengujian Negatif:
Textbox umur yang seharusnya hanya menerima nilai bilangan bulat. Jadi, di sini, berikan karakter seperti "abcd" di kotak teks usia & periksa perilaku aplikasi, apakah itu harus menunjukkan pesan kesalahan validasi untuk semua masukan yang tidak valid (untuk nilai selain nilai integer) atau sistem tidak boleh masuk ke bilangan bulat tidak Nilai.

1.     Purpose
Tujuan Pengujian Positif Negatif : 
·         Untuk menemukan kesalahan yang dapat mengakibatkan kegagalan signifikan.
·         Untuk mengekspos kelemahan software dan potensi untuk eksploitasi.
·         Untuk menunjukkan pelanggaran keamanan.
·         Untuk menunjukkan bahwa produk atau aplikasi yang diuji melakukan apa yang seharusnya dilakukan.
·         Untuk memvalidasi terhadap data input yang valid.


 

2         Notation


2.10Work Items

1.10.1Testing Scenario 1  – Daftar akun Data Normal

Scenario ID            :
001
Scenario Name     :
Daftar akun baru data normal
Description            :
Mengisi data normal untuk daftar akun baru
Reference ID         :

Applies to              :

2.       Mengisi data akun yang normal tidak disalahkan
Steps                      :

STEPS
RESULT

EXPECTED
PASS
FAIL
Klik Login, dan masuk ke halaman login
Masuk ke halaman login untuk login akun


  Klik tombol Daftar

Masuk ke halaman daftar untuk membuat akun baru





Masukkan data-data yang







Dibutuhkan untuk memiliki akun baru
Data dapat dimasukkan




Jika semua sudah terisi dengan benar selanjutnya klik Daftar.
Jika berhasil data akan masuk








Expected Result  :
1.       Daftar Akun Sukses
Jika data yang dimasukkan tadi sesuai dengan permintaan maka daftar akun akan berjalan dengan lancar








Accepted

Accepted with condition*)

Not Accepted*)

 
 
Acceptance            :




*)Enter notes below (if required).
Notes                     :

Receipt                   :
MINUM KOPI

Name                 :

Initial                 :

Date                   :

Signature          :
DOSEN

Name                :

Initial                 :

Date                  :

Signature         :

1.10.2Testing Scenario 2 – Daftar akun dengan data yang salah/asal


Scenario ID
:
002
Scenario Name
:
Daftar akun dengan data yang salah/asal
Description
:
Memasukkan data tidak sesuai dengan fieldnya atau melebihi batas field
Reference ID
:

Applies to
:
2.        Mengisi data akun yang disalahkan atau asal dan melebihi batas yang ditentukan
Steps
:

STEPS
RESULT

EXPECTED
PASS
FAIL

Klik Login
Masuk ke halaman login














Selanjutnya klik daftar
 Masuk ke halaman daftar




Masukkan data yang salah atau asal
Dicoba seperti ini
Nama diisi dengan angka
Nomor telpon diisi huruf
Email tidak memakai @
Alamat panjang sekali






Muncul alert
Ketika nama diisi oleh angka
Ketika tidak masukan @ di email







Expected Result  :
Muncul alert  yang memberitahu jika data salah diisi atau tidak sesuai dengan field yang diminta. Sehingga user dapat memperbaiki apa yang diisi.




Accepted

Accepted with condition*)

Not Accepted*)

 
 
Acceptance            :




*)Enter notes below (if required).
Notes                     :

Receipt                   :
MINUM KOPI

Name                 :

Initial                 :

Date                   :

Signature          :
DOSEN

Name                :

Initial                 :

Date                  :

Signature         :

1.10.3 Testing Scenario 3 – Login dengan data yang benar


Scenario ID
:
003
Scenario Name
:
Login dengan data yang benar
Description
:
Login user untuk berbelanja dengan data login yang benar
Reference ID
:

Applies to
:
http://minumkopi.16mb.com/media.php?hal=login
Steps
:

STEPS
RESULT

EXPECTED
PASS
FAIL

Klik login





Masuk ke halaman login







Accepted

Accepted with condition*)

Not Accepted*)

 
 



Masukkan username yang benar dan password yang benar
Data benar dimasukkan






User dapat masuk sebagai user yang didaftarkan
Data dimasukkan dengan benar



User dapat login



Expected Result
:
User dapat login dengan lancar tanpa masalah jika data yang dimasukkan sesuai.
Acceptance
:




*)Enter notes below (if required).
Notes
:

Receipt
:
MINUM KOPI

DOSEN



Name
:
Name
:


Initial
:
Initial
:


Date
:
Date
:


Signature
:
Signature
:















 
 

1.10.4Testing Scenario 4 – Login dengan data yang salah


Scenario ID            :
004
Scenario Name     :
Login dengan data yang salah
Description            :
Login dengan data yang salah atau asal.
Reference ID         :

Applies to              :
http://minumkopi.16mb.com/media.php?hal=login
Steps                      :

STEPS
RESULT

EXPECTED
PASS
FAIL

 Klik login



Masuk ke halaman login



Masukkan data yang salah untuk login.
Dicoba masukkan 123456789 untuk form email
Dan aaaaaaaaaaaaaa untuk form password
Muncul alert





Expected Result  :
Adanya error handling dan alert
Jika yang dimasukkan salah ada alert dan tidak dapat login
Acceptance            :



Accepted


Accepted with condition*)

Not Accepted*)



*)Enter notes below (if required).
Notes                     :

Receipt                   :
MINUM KOPI

Name                 :

Initial                 :

Date                   :

Signature          :
DOSEN

Name                :

Initial                 :

Date                  :

Signature         :





1.10.5Testing Scenario 5 – Masukkan komentar dengan data yang benar


Scenario ID
:
005
Scenario Name
:
Masukkan komentar dengan data yang benar
Description
:
Mengirim komentar dengan data yang sesuai dengan field yang diminta.
Reference ID
:

Applies to
:
http://minumkopi.16mb.com/media.php?hal=detail&id=
Steps
:

STEPS
RESULT

EXPECTED
PASS
FAIL

Klik login




Masuk ke halaman login















 
 



Masukkan data akun dengan benar
Dapat masuk dengan akun tersebut




PIlih barang yang ingin di di beri komentar



 Masuk kehalaman barang yang ingin di beri komentar









Masukkan komentar yang diinginkan sesuai dengan field yang tersedia
Dapat memasukkan komentar



Expected Result  :
Komentar dapat dimasukkan
Jika data yang diminta sesuai
Acceptance            :
            Accepted
Accepted with condition*) Not Accepted*)

*)Enter notes below (if required).
Notes                     :


Receipt                   :
MINUM KOPI

Name                 :

Initial                 :

Date                   :

Signature          :
DOSEN

Name                :

Initial                 :

Date                  :

Signature         :






 
 


1.10.6   Testing Scenario 6 – Memasukkan komentar dengan data yang salah


Scenario ID
:
006
Scenario Name
:
Memasukkan komentar dengan data yang salah
Description
:
Mengirim komentar dengan data yang tidak sesuai dengan field yang diminta.
Reference ID
:

Applies to
:
http://minumkopi.16mb.com/media.php?hal=detail&id=


Steps                      :

STEPS
RESULT

EXPECTED
PASS
FAIL

Klik login

Masuk ke halaman login



Masukkan data akun dengan benar
Dapat masuk dengan akun tersebut





PIlih barang yang ingin di di beri komentar



 Masuk kehalaman barang yang ingin di beri komentar







Masukkan komentar yang diinginkan dengan isian yang tidak sesuai dengan field yang tersedia

Coba dikosongkan
Muncul Alert
1.       Field Web harus mempunyai domain
2.       Nama tidak boleh angka
Jika dikosongkan



Expected Result  :

1.       Auto alert web harus memiliki domain
Muncul alert web harus diisi memakai domain
2.       Auto alert jika mengirimkan form kosong
Jika kosong maka akan muncul alert
3.       Nama tidak boleh angka
Acceptance            :

Accepted

Accepted with condition*)

Not Accepted*)
*)Enter notes below (if required).
Notes                     :

Receipt                   :
MINUM KOPI

Name                 :

Initial                 :

Date                   :

Signature          :
DOSEN

Name                :

Initial                 :

Date                  :

Signature         :
















 
 


1.10.7   Testing Scenario 7 – Jumlah Barang Diisi dengan data yang benar


Scenario ID
:
007
Scenario Name
:
Jumlah Barang Diisi dengan data yang benar
Description
:
Mengisi jumlah barang yang akan dibeli dengan data yang benar
Reference ID
:

Applies to
:
http://minumkopi.16mb.com/media.php?hal=cart
Steps
:

STEPS
RESULT
EXPECTED
PASS
FAIL
Klik login
Akan masuk ke halaman login





 
Title
Positive Negative Test Document
Date Print date
Juni, 2017
11 Juni 2017
Author Reviewer
Fajar Nugraha Wahyu
Rayi P. Iswara
Version Status
1.0
Draft









Login dengan akun yang benar
Masuk dengan akun anda



Pilih barang yang akan dibeli
Masuk ke halaman barang tersebut




Selanjutnya klik beli
Barang akan masuk ke keranjang belanja.




 Pilih keranjang untuk melihat barang belanja anda.




Masukkan jumlah barang yang akan dibeli dengan ANGKA.
Perhitungan dapat berjalan sesuai dengan jumlah barang yang dibeli.




Expected Result      :
1.       Perhitungan harga dapa berjalan sesuai dengan jumlah barang yang dimasukkan


Acceptance               :
            Accepted
Accepted with condition*) Not Accepted*)

*)Enter notes below (if required).
Notes                        :

Receipt                      :
MINUM KOPI

Name                 :

Initial                 :

Date                   :

Signature          :
DOSEN

Name                :

Initial                 :

Date                  :

Signature         :










1.10.8Testing Scenario 8 – Jumlah Barang Diisi dengan data yang salah


Scenario ID
:
008
Scenario Name
:
Jumlah Barang Diisi dengan data yang salah
Description
:
Mengisi jumlah barang yang akan dibeli dengan data yang salah atau asal
Reference ID
:

Applies to
:
http://minumkopi.16mb.com/media.php?hal=cart
Steps
:

STEPS
RESULT
EXPECTED
PASS
FAIL
Klik login
Akan masuk ke halaman login










Login dengan akun yang benar
Masuk dengan akun anda



Pilih barang yang akan dibeli
Masuk ke halaman barang tersebut




Selanjutnya klik beli
Barang akan masuk ke keranjang belanja.




 Pilih keranjang untuk melihat barang belanja anda.




Masukkan jumlah barang yang akan dibeli dengan HURUF/SIMBOL/KOMBINASI KEDUANYA.

Field tidak bisa diisi jika selain angka.






Masukkan jumlah angka yang banyak.
Muncul alert jumlah angka melebihi stok yang tersedia.



Expected Result      :
1.       Tidak bisa diisi selain angka
Otomatis tidak bisa diisi selain angka
2.       Jika jumlah yang dimasukkan banyak dan tidak wajar, muncul alert melebihi stok yang ada


Acceptance               :
            Accepted
Accepted with condition*) Not Accepted*)

*)Enter notes below (if required).
Notes                        :

Receipt                      :
MINUM KOPI

Name                 :

Initial                 :

Date                   :

Signature          :
DOSEN

Name                :

Initial                 :

Date                  :

Signature         :









0 Response to "POSITIVE NEGATIVE TESTING DOCUMENT"

Post a Comment