6 Aplikasi yang Bisa Kamu Pakai Untuk Bikin Stop Motion

6 Aplikasi yang Bisa Kamu Pakai Untuk Bikin Stop Motion

Setelah kemarin Loop kasih kamu info tentang apa itu teknik stop motion dan sejarahnya, sekarang giliran aplikasi yang bisa kamu pakai untuk bikin stop motion di komputer. Sebagus apapun hasil gambarnya, gimana kamu membungkusnya menjadi film adalah hal yang penting. Kamu harus memperhatikan juga aplikasi yang kamu gunakan untuk membuat film stop motion. Ada banyak aplikasi komputer yang bisa kamu gunakan untuk membuat stop motion, mulai yang gratis sampai yang bayar. Berikut ini adalah daftar aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat film stop motion. Mau tahu apa aja? Simak yang satu ini ya, Loopers!

Windows Movie Maker

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi bawaan Windows sejak rilisnya versi Windows ME di tahun 2000. Sistem pengeditan dalam Windows Movie Maker cukuplah simple. Kamu hanya memasukkan gambar atau video ke timeline dan atur sedemikian rupa. Kamu juga bisa menambahkan beberapa lagu. Untuk stop motion sendiri, karena berupa gambar, nampaknya akan lebih mudah kalo kamu mengeditnya dengan aplikasi ini. Sebab, Windows Movie Maker dikenal sebagai aplikasi yang ramah bagi para pengguna pemula.

FotoMorph

FotoMorph adalah aplikasi yang membuat efek dimana suatu objek berubah secara perlahan-lahan menjadi objek lain. Suatu animasi dibuat dari dua gambar yang menjadi satu. Gambar pertama disebut gambar awal, sedangkan gambar kedua disebut sebagai gambar akhir. Intinya adalah menggabungkan beberapa gambar menjadi satu video bergerak dengan urutan tertentu.

Abrosoft FantaMorph

Kalo yang satu ini, aplikasinya hampir sama seperti FotoMorph, yakni menggabungkan beberapa gambar menjadi animasi bergerak. Keunggulan dari aplikasi ini adalah exporting videonya yang bisa mendukung beberapa format diantaranya AVI, GIF, Flash, dan beberapa format video umum lainnya.

Pivot Animator

Kalo animasi yang satu ini pada dasarnya adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi stickman 2D. Konsep utamanya adalah mengatur gerakan manusia batang dengan mengubah posisi dan gerakan mereka. Meskipun begitu, kamu juga bisa membuat stop motion dengan aplikasi ini dengan tambahan efek-efek animasi stickman.

Aurora 3D Text Logo Maker

Aurora 3D Text and Logo Maker ini pada dasarnya adalah aplikasi membuat gambar dalam bentuk 3D serta efek animasi yang lain. Kamu juga bisa membuat logo, sekaligus menambahkan tulisan dengan animasi ini. Selain itu, kamu juga bisa membuat stop motion yang unik dengan model 3D versi kamu sendiri.

AnimatorHD

Kalo yang ini merupakan aplikasi khusus untuk membuat stop motion seperti biasanya. Uniknya, kamu bisa membuat stop motion kamu dalam versi 3D, yang pake kacamata 3D itu lho. Jadi terlihat lebih realistis sampai muncul ke luar layar. Asyik juga kan kalo animasi kamu bisa dilihat dengan versi 3D.

Nah, itu tadi beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat stop motion dengan baik dan mudah. Gimanapun aplikasinya, seni dalam mengedit stop motion adalah yang paling utama. Ingat, kunci dari stop motion adalah kesabaran dan ketelitian dalam mengerjakan adegan stop motion. Happy editing!

1 Response to "6 Aplikasi yang Bisa Kamu Pakai Untuk Bikin Stop Motion"