Galaksion check: 8da5001323d7701c940df146c4c96210
loading...

Timmyness Yang Buat Nyaman Karyawan IDN Media

Bekerja dari rumah saat pandemi gini tentu membuat nyaman karyawan, selain tidak khawatir terpapar virus, bekerja dari rumah juga membuat dekat dengan keluarga. Bekerja di perusahaan yang memiliki nilai, tentu dapat menambah produktivitas para karyawannya. Begitu juga dengan IDN Media yang memiliki seperangkat nilai yang menjadi guidance bagi para karyawannya, bekerja dimanapun tetap produktif dengan adanya seperangkat nilai yang dijunjung. 

Kultur perusahaan inilah yang menjadi salah satu kunci penting  keberhasilan suatu perusahaan. Karena digunakan untuk landasan yang membantu perkembangan personal dan profesional karyawan. Winston Utomo, Founder dan CEO IDN Media, memiliki yang disebut 10 Timmyness, sebuah guideline terkait budaya kerja di IDN Media. Apa saja isinya: 

1. Bringing creativity, sincerity, and passion to the work (membawa kreativitas, ketulusan, dan semangat dalam bekerja)


Dalam bekerja kreativitas itu sangat penting, apalagi dalam dunia media yang terus bergerak cepat. Kreativitas bisa tercipta ketika kita terus upgrade diri, asah diri terus belajar hal baru. Ide kreatif ini yang bisa membuat setiap divisi menjadi hidup dan memberikan kontribusi terbaiknya. Sisi kreativitas harus diasah secara berkala agar tidak memudar ataupun menghilang. 

Kreativitas dapat membuat mudah seseorang untuk mencapai puncak kesuksesan karena sikap anti-mainstream tersebut. Apalagi dalam dunia profesional, seseorang yang memiliki pemikiran kreatif akan sangat mudah untuk mencapai puncak karier. nilah yang menjadi landasan menjadi timmyness.

Kreativitas agar bisa bekerja optimal didukung ketulusan, ketulusan dalam menjalani pekerjaan sangatlah penting agar tidak ada keterpaksaan dalam menjalaninya. Dengan ketulusan semua potensi dalam bekerja dapat keluar maksimal.

2.  Communicating properly and acting ethically (berkomunikasi dengan benar dan bertindak secara etis)



Dalam bekerja dengan banyak orang tentu perlu teknik berbicara yang berbeda-beda. Karena bila salah berkomunikasi sedikit saja bisa menyebabkan konflik satu dengan yang lain. Saling menghargai dan menghormati dalam berkomunikasi saat bekerja itu penting, agar tujuan bersama dapat tercapai.

Berkomunikasi dengan baik juga bermanfaat ketika harus berhubungan dengan klien sehingga hubungan baik dengan klien pun dapat tercipta. Dengan siapa pun dan dimana pun, kita harus saling menghargai dan menghormati orang lain dalam berkomunikasi serta bertindak.

3. Thriving in ambiguity and fast-paced environment with constant changes (berkembang di tengah ambiguitas dan perubahan yang dinamis)



Beradaptasi cepat akan perubahan itu penting sekali, agar tidak tergerus keadaan. Sebagai perusahaan media, IDN Media tentu akan terus melakukan inovasi mengikuti perkembangan jaman, jadi adaptasi sangatlah diperlukan.  Menurut Bapak Winston " Hanya mereka yang mau beradaptasilah
yang bisa bertahan. Itu mutlak, tak bisa ditawar "

Segala resiko yang dihadapi dalam proses adaptasi, membuat pribadi menjadi kuat dan tahan banting dalam dunia kerja. Perubahan dinamis tak bisa dihindarkan, kitalah yang harus adaptasi dengan perubahan itu agar bisa sukses di lingkungan kerja.

4.  Being active and collaborative rather than competitive (bersikap aktif dan kolaboratif, bukan kompetitif)



Kerjasama dalam dunia kerja sangatlah penting, bukan jamannya lagi kompetisi untuk mencapai tujuan tapi kolaborasi untuk mencapai kesuksesan bersama. Aktif berkolaborasi dengan individu lain atau dengan tim lain tentu akan memperingan pekerjaan kita. Aktif berkolaborasi juga akan menimbulkan rasa persatuan di dalam perusahaan.

Hindari rasa kompetisi, karena persaingan yang tidak sehat tentu akan menyebabkan perpercahan, kolaborasi dan saling membantu satu sama lain akan menimbulkan efektivitas dalam bekerja. Pekerjaan cepat selesai, tenaga pun tidak cepat terkuras. Yuk kolaborasi!

5. Embracing diversity (menghargai perbedaan)


Dalam perusahaan, terdapat banyak individu yang berasal dari ras, etnis, suku dan agama yang berbeda. Inilah ciri khas Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Prinsip ini yang dipegang IDN Media, yang ingin menjadi tempat kerja yang ramah dan nyaman untuk siapa pun. 

Menghargai perbedaan antar individu membuat saat bekerja kita menjadi nyaman dan produktif. Salut IDN Media sadar akan nilai ini dalam perusahaannya.

6. Maintaining a positive attitude even when things do not go one’s way
(mempertahankan sikap positif, bahkan ketika sesuatu tak berjalan sesuai dengan harapan)

Namanya dalam bekerja tentu ada rencana yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Lalu mood jadi berubah, produktivitas pun jadi berkurang. Sikap positif dalam bekerja itu penting sekali agar lingkungan di sekitar kita tetap positif. Bila dalam menjalankan perkerjaan kita banyak mengeluh, tentu lingkungan pun akan menjadi aura negatif. 

IDN Media ingin setiap individu selalu memiliki sikap positif, optimis dan pantang menyerah. Dengan begitu dalam bekerja jadi lebih produktif dan menyenangkan.

7. Assisting others in the group with their work for the benefit of the group
(membantu rekan kerja demi kepentingan kelompok)

Kehebatan individu karyawan terletak kemampuannya bekerjasama dalam tim, bukan meninggikan ego untuk menyelesaikan semuanya sendiri. Kerjasama dalam pekerjaan sangat membantu dalam mewujudkan kesuksesan bersama. Layaknya dalam sebuah tim sepakbola, jika berjuang sendirian maka akan sulit mencetak gol, bila bersama tim, akan mudah mencetak gol, apalagi jika timnya kompak dan memiliki visi yang sama.

Saling membantu dan jangan sungkan meminta bantuan kepada orang lain, adalah inti dari kekompakan sebuah tim.

8. ​Praising coworkers when they are successful and helping them when they need it
(memuji rekan kerja saat mereka sukses dan membantu mereka saat mereka membutuhkannya)

Ibarat mendaki gunung, perjuangan meraih sukses juga berliku, dan kadang ada badai yang kita hadapi untuk puncak. Dalam mengerjakan suatu proyek, pasti kita memiliki target tertentu yang menjadikan kita berambisi untuk meraihnya. Dalam dunia kerja, tidak ada salahnya bila ada teman kerja yang bisa mencapai target kita, apresiasi, kita kasih selamat, karena kesuksesan dia, kesuksesan kita semua sebagai satu perusahaan. 

Karena dengan memberikan selamat kepada teman kerja, bisa jadi kinerja dia jadi lebih semangat dan bisa membantu kita bila kita membutuhkan bantuan. Dan jangan lupa juga sebagai satu ekosistem perusahaan, bantulah teman kerja yang sedang membutuhkan bantuan. Di saat kita mau mengapresiasi apapun hasil kerja keras kita meskipun seburuk apapun itu hasilnya, kita akan tetap merasa puas dan bangga selama itu adalah hasil usaha sendiri dan teman kerja.

Dan di IDN Media, mau membentuk ekosistem yang nyaman dan ramah seperti ini saling apresiasi dan menghargai hasil kerja setiap individu.

9. Doing the right thing even when no one is watching ​(melakukan hal yang benarbahkan ketika tak ada yang melihat)

Kejujuran adalah sifat yang paling penting dalam bekerja. Sikap jujur akan melahirkan kepercayaan antara satu individu dan lainnya. Sikap jujur juga menjauhkan rasa curiga hingga kekhawatiran akan rusaknya sebuah kepercayaan yang dibangun. Reputasi baik diri kita pun terbentuk bila kita terbiasa jujur dalam bekerja. Mau ada yang lihat atau tidak, kejujuran tetap jadi nomor satu. Seseorang yang jujur akan selalu mempertimbangkan dan mengingat semua kata yang keluar dari mulutnya. Secara tidak langsung, kejujuran akan menempatkanmu sebagai seseorang yang layak untuk dihargai dan dihormati di masyarakat dan lingkungan kerja.

10. ​Seeing the company’s success as one’s own success ​(melihat kesuksesan perusahaan sebagai kesuksesan diri) 


Menjadi bagian sebuah entitas yang besar seperti di IDN Media, harus memiliki visi, misi yang jelas. Tidak cuma visi dan misi pribadi, tapi visi dan misi perusahaan harus kita pahami. Karena dengan itu, kita bekerja akan lebih semangat dan merasa memiliki perusahaan tersebut. Setiap langkah yang dijalani, setiap kesuksesan yang diraih perusahaan akan menjadi kebanggaan diri sendiri, bila kita sudah merasa memiliki dan dalam satu visi yang sama.

Mereka yang bekerja dengan ketulusan adalah penggerak untuk kehidupan yang lebih
baik. Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media) pun diharapkan dapat membaktikan ketulusan kerjanya bagi masyarakat Indonesia dengan mendemokrasikan informasi.” menurut Winston Utomo, Founder dan CEO IDN Media.

Nah itulah 10 Timmyness, sebuah guideline terkait budaya kerja di IDN Media. Nilai perusahaan ini tentu akan menambah produktivitas dalam bekerja, dan juga tingkat kebahagiaan karyawan yang ada di dalamnya.



2 Responses to "Timmyness Yang Buat Nyaman Karyawan IDN Media"

  1. Semangat kerjanya jika perusahaan memberi kebebasan atas kreativitas kita

    ReplyDelete

loading...