Aturan Menulis Jurnal - Review Gadget Terbaru Fajar Nugraha Wahyu

Breaking

Thursday 2 March 2017

Aturan Menulis Jurnal


Top of Form







JUDUL
Setipa jurnal ilmiah harus memiliki judul yang jelas. Dengan membaca judul, akan memudahkan pembaca mengetahui inti jurnal tanpa harus membaca keseluruhan dari jurnal tersebut. Contoh judul yang jelas seperti di jurnal ini tentu sudah mempermudah calon pembaca menerawang isi dari jurnal ini, “NETWORK FORENSIC INVESTIGASI PADA STEGANOGRAFI ” . 

Data Diri
Nama Penulis, Nama Pembimbing I, Nama Pembimbing II, tanpa gelar akademik dianjurkan disertai nama lembaga (nama prodi, fakultas, dan universitas), serta menyertakan alamat dan email


ABSTRAK
Abstrak berbeda dengan ringkasan. Bagian abstrak dalam jurnal ilmiah berfungsi untuk menjelaskan secara singkat isi jurnal. Abstrak di sini dimaksudkan utnuk menjadi penjelas tanpa mengacu pada jurnal. Cara mudah untuk menulis abstrak adalah mengutip poin-poin paling penting di setiap bagian jurnal. Kemudian menggunakan poin-poin untuk menyusun deskripsi singkat tentang jurnal yang telah dibuat. Di jurnal ini juga terdapat Kata kunci, yang membantu calon pembaca inti dari apa yang banyak dibahas di jurnal ini.

PENDAHULUAN
Pendahuluan adalah pernyataan  dari kasus yang diselidiki, yang memberikan informasi kepada pembaca untuk memahami tujuan spesifikasi kita dalam kerangka teoritis yang lebih besar. Bagian ini juga dapat mencakup informasi tentang latar belakang masalah, seperti ringkasan dari  setiap penelitian yang telah dilakukan. Jurnal ini sangat baik karena pendahuluannya tidak terlalu panjang hanya intinya saja yaitu tentang network forensic dan steganografi. Jadi calon pembaca terbuat penasaran dengan pendahuluannya dan ingin membaca jurnal ini lebih dalam. Karena penulis membangun rasa penasaran di pendahuluan ini.

Landasan Teori
Memuat teori teori yang digunakan dalam proses penulisan jurnal ini. Teori teori yang dikutip adalah buku buku yang disebutkan di dalam Daftar Pustaka. Di bagian ini membahas apa itu
Network Forensic , Steganografi , Openpuff , Wireshark , IP Messenger (IPMsg) , EnCase



METODOLOGI PENELITIAN
Bagian ini menjelaskan ketika percobaan telah dilakukan. Peneliti menjelaskan desain percobaan, peralatan, metode pengumpulan data, dan jenis pengendalian. Disinilah pembaca jurnal ini dapat mengetahui scenario dan skema dari penelitian yang dibahas. Dibagian ini juga dijelaskan apa saja tools yang digunakan dan bagaimana cara menggunakannya untuk penelitian ini. Serta ada juga beberapa diagram yang menjelaskan alur atau skema penelitian ini agar mendapatkan hasil yang terbaik.


HASIL
Di sini peneliti menyajikan data yang ringkas dengan tinjauan menggunakn teks naratif, tabel, atau gambar. Ingat hanya hasil yang disajikan, tidak semua interpretasi data atau kesimpulan dari data dalam bagian ini. Data yang dikumpulkan dalam tabel/gambar harus lengkap teks naratif dan disajikan dalam bentuk yang mudah dipahami. Jangan ulangi secara panjang lebar data yang telah disajikan dalam tabel dan gambar.

ANALISA DAN PEMBAHASAN
Pada bagian ini, peneliti menafsirkan data dengan pola yang diamati. Setiap hubungan antar variabel percobaan yang penting dan setiap korelasi antara variabel dapat dilihar jelas. Peneliti harus menyertakan penjelasan yang berbeda dari hipotesis atau hasil yang berbeda atau serupa dengan setiap percobaan terkait dilakukan oleh peneliti lain. Ingat bahwa setiap percobaan tidak selalu harus merujuk pada perbedaan besar atau kecenderungan untuk menjadi penting. Hasil yang negatif juga perlu dijelaskan dan mungkin merupakan sesuatu yang penting untuk di ubah dalam penelitian kita.

KESIMPULAN
Bagian ini hanya menyatakan bahwa peneliti berpikir mengenai setiap data yang disajikan berhubungan kembali pada pernyataan yang dinyatakan dalam pendahuluan. Dengan mengacu pada bagian  pendahuluan dan kesimpulan, seorang pembaca harus memiliki ide yang baik dari penelitian ini, meski pun hanya rincian spedifik.

DAFTAR PUSTAKA
Semua informsi (KUTIPAN) yang didapat peneliti harus ditulis sesuai abjad pada bagian ini. Hal tersebut berguna untuk pembaca yang ingin merujuk literatur asli. Perhatikan bahwa referensi yang dikutif benar-benar disebutkan pada jurnal yang kita buat.

EnglishFrenchGermanItalianDutchRussianPortugueseJapanese alt=Korean title=Korean align=absbottom border=0 v:shapes="_x0000_i1033">' alt=Arabic title=Arabic align=absbottom border=0 v:shapes="_x0000_i1034"> ' alt="Chinese Simplified" title="Chinese Simplified" align=absbottom border=0 v:shapes="_x0000_i1035">
Top of Form


Bottom of Form

No comments:

Post a Comment